Yoga Menurunkan Tekanan Darah Hipertensi

Yoga Menurunkan Tekanan Darah HipertensiMenurut penelitian di Amerika, yoga dapat membantu menurunkan tekanan darah pada orang yang menderita hipertensi (tekanan darah tinggi) derajat ringan atau sedang. Hasil dari penelitian tersebut cukup memuaskan dan menyarankan yoga menjadi salah satu terapi ‘modifikasi gaya hidup’ sesuai dengan pedoman terapi hipertensi.
Pada penelitian ini, meneliti 120 orang dengan usia rata-rata 50 tahun dan dibagi menjadi 3 kelompok.  Kelompok pertama melakukan yoga sebanyak tiga sampai empat kali seminggu selama 24 minggu,  pada kelompok kedua melakukan modifikasi gaya hidup yang berupa berjalan / diet / serta program penurunan berat badan,  pada kelompok ketiga melakukan yoga dan konseling diet. Para peneliti melakukan analisa tekanan darah mereka sejak dimulai penelitian,  pada minggu ke 12 penelitian dan pada minggu ke 24 penelitian.
Pada penelitian tersebut,  menemukan bahwa yoga dapat menurunkan tekanan darah sistolik pada minggu ke 12 dan menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada minggu ke 24.  Tetapi pada kedua kelompok lainnya juga ditemukan hasil yang positif.  Para peneliti berpendapat bahwa yoga memiliki dampak ke dalam ekspresi dari gen sel-sel imunitas seseorang yang menunjukkan bahwa yoga memiliki dampak ke dalam gen seseorang.
Hasil penelitian ini menyarankan kepada penderita hipertensi atau para individu yang ingin mencegah tidak terkena hipertensi untuk melakukan perubahan gaya hidup dengan melakukan yoga dua sampai tiga kali seminggu.