Vitamin Yang Bermanfaat Bagi Kulit

Vitamin Yang Bermanfaat Bagi KulitMemiliki kulit cerah, kenyal, muda dan bercahaya idaman setiap orang, terutama wanita.  Tetapi dengan bertambahnya umur, kulit tidak menjadi elastis, keriput, tidak kencang.  Banyak cara untuk meremajakan dan mengembalikan elastisitas kulit, bahkan melalui operasi.  Ada beberapa sumber alami yang dapat mengembalikan keremajaan dan elastisitas kulit wanita, yaitu vitamin.
Vitamin sangat berguna bagi kulit, bila dikonsumsi dengan tepat dapat membuat kulit menjadi semakin kencang dan sehat.  Tidak semua vitamin dapat digunakan untuk mengencangkan kulit. Berikut beberapa vitamin yang bermanfaat untuk mempertahankan elastisitas dan kekenyalan pada kulit:
1. Vitamin E
Vitamin yang paling penting untuk menyegarkan kulit, membuat kulit menjadi lembut dan lentur.  Vitamin E terdapat pada kacang almond, kacang, zaitun, walnut.  Vitamin E bertindak sebagai antioksidan dan membantu menghilangkan radikal bebas dari dalam.  Vitamin E sangat berguna untuk mencegah penuaan pada kulit dan melembabkan kulit.  Dosis maksimal yang disarankan adalah 400 IU per hari.
2. Vitamin A
Bila pasokan Vitamin E dalam tubuh akan meningkatkan produksi vitamin A yang dapat mengencangkan kulit.  Vitamin A memiliki sifat antioksidan yang menghambat penuaan kulit, menjaga elastis dalam jangka waktu yang lama.  Vitamin A juga dapat membuat kulit resisten terhadap sejumlah penyakit kulit, tetapi berhati-hati dengan dosis karena keracunan Vitamin A dapat berbahaya bagi tubuh.  Makanan kaya akan Vitamin A adalah bayam, wortel, kangkung, lobak, peterseli, dll.
3. Vitamin K
Vitamin K adalah salah satu Vitamin yang paling efektif untuk meningkatkan elastisitas kulit.  Vitamin K dapat digunakan sebagai pengobatan yang efektif untuk penyembuhan pseudoxanthoma elasticum.  Vitamin K terdiri dari tiga jenis yaitu Vitamin K1, Vitamin K2, dan K3 yang mengatur aliran darah yang selanjutnya memberikan nutrisi pada kulit.  Selain menaikkan elastisitas kulit, juga dapat membantu dalam menghilangkan keriput.  Vitamin K terdapat pada makanan seperti sayuran hijau, bayam, kubis, ayam, kuning telur, kacang kedelai,dll.
4. Vitamin C
Vitamin C merupakan agen detoksifikasi sangat baik, dapat membilas racun dan radikal bebas dari tubuh.  Sehingga dapat mempertahankan elastisitas kulit.  Dalam hal ini dapat meningkatkan produksi kolagen dan pembentukan jaringan baru. Proses ini diperlukan untuk kekencangan kulit terus-menerus. Vitamin C terdapat pada lemon, jeruk, berry, dan anggur.
5. Vitamin B
Vitamin B yang lebih dikenal dengan Vitamin B kompleks adalah Vitamin yang penting untuk retensi kelembaban kulit.  Niacinamide, produksi sampingan dari Vitamin B menjadi pengobatan yang efektif untuk komplikasi masalah kesehatan kulit dan dapat juga digunakan untuk mengobati jenis lain dari masalah kulit seperti pigmentasi terkait usia, keriput, stretch mark, dll.  Sumber alami dari Vitamin B adalah telur, susu, gandum, beras merah, kacang-kacangan, kentang dan sereal.
Yang terakhir yang sangat penting untuk menjaga kekencangan kulit adalah banyak meminum air putih.