Tips Wajah Tampak Segar

Tips Wajah Tampak SegarSiapa yang tidak senang jika dikira lima tahun lebih muda karena kulit segar dan bercahaya?  Berikut beberapa tips untuk menyegarkan wajah dan meninggalkan kulit kusam.
1. Segarkan kulit dengan mandi
Mandi dengan air hangat baik untuk membuka pori – pori dan dapat melancarkan peredaran dalam darah.  Tetapi sebaiknya tidak lebih dari lima menit karena minyak alami pada tubuh dapat ikut terbuang dan kulit menjadi lebih kering dan kesat.  Bilas tubuh dengan air dingin untuk menutup pori – pori.
2. Gunakan produk mandi yang bebas bahan kimia
Pilihlah produk mandi yang mengandung moisturizer.  Sabun cair dengan bahan dasar natural atau dengan bentuk gel baik untuk mengembalikan kondisi kulit yang lelah.  Selingi dengan pijatan ringan biar kandungan pelembab pada sabun dapat diserap lebih sempurna ke dalam kulit.
3. Pakai pelembab sesuai jenis kulit
Pelembab mengandung air paling cocok digunakan di tempat yang memiliki iklim tropis.  Sebaiknya memperhatikan kandungan pendukung lain yang dapat meningkatkan kadar air pada sel kulit seperti urea, gliserin, asam hyaluronat, kolagen, protein, ceramide, glikogen, glukosa dan asam amino. Pada kulit berminyak dapat menggunakan pelembab yang bebas minyak karena kandungan minyak berlebih dapat menyumbat pori – pori dan dapat menimbulkan jerawat.  Sedangkan pada kulit kering, pelembab dengan kandungan minyak zaitun, jojoba oil atau alpukat dapat dicoba untuk memperkaya nutrisi pada kulit.  Pada jojoba oil yang memiliki keunggulan tidak akan menyumbat pori – pori.  Sebaiknya jangan sampai salah memilih produk untuk wajah anda.
4. Sempurnakan pelindung kulit Anda
Menggunakan pelembab saja tidak cukup.  Pada saat anda keluar, kulit dapat terpapar sinar matahari dan didera oleh radikal bebas secara langsung dan tidak langsung.  Sebaiknya memilih produk yang mengandung minimal SPF 30 untuk menangkal timbulnya permasalahan pada kulit yang lain seperti kerutan dini yang dapat menyebabkan penuaan dini dan flek hitam.
5. Aktifkan ritual memakai krim malam sebelum tidur
Di saat tidur, kulit mengalami proses regenrasi paling optimal, tetapi bila kita tidur di ruangan yang memasang AC, kulit cenderung kehilangan kelembabannya.  Oleh karena itu, pilih krim malam yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah, supaya regenerasi terintegrasi secara efektif. Sebaiknya tidak melupakan kulit pada bagian tangan dan kaki untuk memakai hand and body lotion sebelum tidur untuk meminimalisasi kelembaban kulit yang hilang saat tidur.
6. Jangan terlalu sering mencuci muka
Kulit kering bisa juga disebabkan terlalu seringnya mencuci muka. Sebaiknya gunakan sabun pencuci muka disaat malam hari setelah selesai beraktivitas, bukan di saat pagi hari.  Basuh muka menggunakan air dingin sehingga minyak alami pada kulit tetap terjaga.
7. Beri kulit perhatian lebih dengan masker
Kulit biar terlihat segar dan tidak kusam, kulit memerlukan proses perawatan yang ekstra.  Lakukan memakai masker sebelum mandi pagi, menyalakan musik kesukaan dan nyalakan lilin aromaterapi yang sesuai dengan kondisi anda.  Dengan cara ini bila anda lakukan setiap akhir pekan, anda akan tampil cantik, segar dan berseri.
Itu tadi beberapa tips wajah untuk tampil segar setiap hari yang dapat bermanfaat bagi anda yang sedang atau masih menjalani proses perawatan kulit secara intensive.  Semoga tips diatas dapat membantu anda yang sedang atau masih menjalani proses perawatan kulit demi mendapatkan wajah yang tampak segar setiap hari.