Tips Untuk Merawat Bagian Intim

Tips Untuk Merawat Bagian IntimSalah satu hal yang dapat dimasukkan dalam menjaga kesehatan wanita adalah dengan cara merawat organ intim.  Kesehatan pada organ intim wanita atau vagina dapat dilihat dari vagina wangi dan bersih dari segala keputihan dan segar.
Pada bagian organ intim wanita memang sering menjadi lembab, karena tidak cukupnya sirkulasi udara sehingga dengan mudah terkena bakteri. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan pada organ intim yang berguna guna terhindarnya dari berbagai macam penyakit kelamin yang sangat berbahaya.
Berikut adalah cara untuk merawat bagian intim wanita yang terbilang cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan :
1. Gunakan celana dalam berbahan katun.
Bahan katun lebih baik digunakan ketika anda sedang aktif bergerak dan beraktivitas di luar ruangan dan dengan kondisi di luar yang panas.  Bahan katun termasuk bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak menyebabkan lembab, baik untuk menjaga sirkulasi udara.
2. Sebaiknya sering mengganti pembalut ketika menstruasi.
Ketika menstruasi, sebaiknya pembalut paling lama dipakai sebaiknya selama 4 jam hingga 8 jam sehari, tergantung pada situasi banyaknya darah haid yang keluar.
3. Perhatikan pada pembalut mengandung pewangi
Sebaiknya anda memilih pembalut yang tidak diberi pewangi, karena wewangian dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang dengan kulit sensitif.
4. Hindari spray kewanitaan bila tidak dibutuhkan.
Pada beberapa wanita menganggap dan merasa bahwa organ intim wanita kurang sedap dan memiliki bau yang khas.  Pada aroma ini bervariasi setiap wanita, tidak perlu anda khawatirkan karena bila aroma yang diproduksi vagina tidak terlalu menyengat maka organ wanita anda masih pada kondisi yang sehat.
5. Sebaiknya tidak menggunakan celana yang ketat.
Pada celana yang ketat akan menekan vagina dan membuatnya menjadi lembab.  Pada pakaian yang berbahan sintetis akan menempel langsung pada kulit ketika dipakai, seperti legging, stocking, dan skinny pants. Sebenarnya ini tidak dianjurkan untuk sering – sering digunakan.
6. Daerah organ intim rentan pada lembab
Sebaiknya anda harus segera untuk mengganti pakaian dan celana dalam secepat mungkin setelah melakukan aktivitas olahraga atau renang.  Pada pakaian basah, bakteri yang merugikan akan tumbuh dan menempel pada tubuh yang dapat membahayakan organ intim anda.
7. Setelah buang air kecil, basuh vagina dengan sedikit air dan keringkan dengan tisu.
Cara mengusapnya adalah dari dekat anus mengarah ke depan, dengan menggunakan cara ini dapat mencegah kotoran atau bakteri biar tidak kembali menempel pada vagina.
Selain cara merawat organ intim diatas, perlu anda ingat bahwa vagina mempunyai kemampuan tersendiri untuk membersihkan kotoran dan sebaiknya tidak disarankan untuk membersihkan vagina dengan obat semprot.  Karena dapat mengganggu keseimbangan pH di vagina dan dapat menimbulkan iritasi.  Cara yang paling baik adalah dengan membasuh vulva (bagian luar vagina) setiap hari menggunakan air hangat, hindari menggunakan sabun terutama pada sabun dengan wewangian.  Paling penting, secara umum iritasi dan penyakit pada organ intim wanita dapat dicegah dengan menjaga vagina untuk tetap kering dan dengan sirkulasi udara tetap terjaga dengan baik.  Semoga tips merawat bagian intim ini dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan organ intim anda dan terhindarkan dari beberapa penyakit berbahaya yang dapat menempel pada organ intim anda.  Sebaiknya mencegah daripada mengobati.