Tips Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Tips Olahraga Yang Aman Untuk Ibu HamilOlahraga disaat hamil sangat dianjurkan, banyak penelitian yang mengatakan bahwa latihan fisik secara ringan dan dilakukan secara rutin dapat membantu ibu hamil untuk melewati proses kehamilan hingga persalinan dengan cara yang lebih baik.
Dari olahraga disaat hamil, mendapatkan manfaat yang beragam mulai dari memperbaiki suasana hati, lebih nyaman saat tidur, mengurangi rasa pegal dan sakit pinggang hingga lebih siap untuk menghadapi persalinan.  Berikut ada beberapa jenis olahraga yang disarankan bagi ibu hamil, yaitu:
1. Jalan kaki
Selama masa kehamilan, jalan kaki adalah olahraga yang paling baik yang dapat dilakukan, selain ringan latihan jalan kaki dapat memperlancar peredaran darah dan juga aman bagi ibu dan janin yang dikandung.
Latihan ini juga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.  Menurut penelitian di Amerika Serikat, mengatakan bahwa setidaknya ibu hamil berjalan kaki selama tiga puluh menit dalam sehari.  Bagi anda yang menginginkan berjalan kaki di luar rumah, sebaiknya hindari jalan yang menanjak dan bila terasa sesak, pusing ataupun kram pada bagian betis, anda dapat berhenti dan beristirahat.
2. Berenang
Untuk ibu hamil yang mengalami berat badan berlebih saat mengandung dapat mencoba olahraga yang satu ini, karena latihan ini dapat menurunkan berat badan berlebih.  Anda dapat mencoba untuk olahraga berenang, karena dengan berenang anda dapat melatih otot tangan dan kaki dan memiliki manfaat pada kinerja jantung anda.  Anda tidak perlu khawatir tubuh akan terasa lelah, olahraga berenang ini relatif aman bagi ibu hamil karena disaat berada dalam air sendi – sendi akan terasa lebih ringan dan dapat mengakibatkan ibu hamil tidak terlalu berat untuk menopang tubuh.  Gaya dada dan punggung adalah pilihan yang cocok bagi ibu hamil.
3. Yoga
Yoga adalah olahraga yang tidak terlalu banyak gerak, kelebihan dari yoga adalah untuk melatih pernapasan dan relaksasi bagi ibu hamil yang sangat dibutuhkan sewaktu persalinan nantinya.  Latihan yoga juga dapat mengurangi rasa cemas dan takut menjelang hari persalinan dan sangat cocok bagi ibu hamil yang akan menjalani persalinan pertama agar dapat menghindari stress yang tidak seharusnya terjadi pada ibu hamil karena dapat berdampak buruk bagi kondisi janin bayinya.
4. Latihan beban
Olahraga latihan mengangkat beban akan tetap aman dilakukan selama masih dalam batas kewajaran yaitu setengah lebih ringan daripada berat normal yang biasanya.  Manfaat dari latihan mengangkat beban ini adalah untuk mengurangi resiko cidera pada ibu hamil dan dapat membuat otot – otot disekeliling sendi menjadi lebih kuat dan latihan mengangkat beban ini dapat menjaga stamina tubuh ibu hamil.  Latihan mengangkat beban ini termasuk latihan sederhana karena dapat dilakukan di rumah.
5. Senam hamil
Olahraga ini termasuk olahraga yang paling banyak dipilih oleh ibu hamil, baik dengan melakukan sendiri di rumah dengan panduan dari VCD hingga mengikuti kelas senam hamil yang dipandu oleh ahli senam dan dihadiri oleh beberapa ibu hamil lainnya.  Dengan rajin melakukan senam hamil, maka dapat membantu melenturkan dan menguatkan otot – otot yang dapat mempermudah proses persalinan nantinya.
Itu tadi beberapa tips olahraga aman untuk ibu hamil yang dapat membantu anda untuk mencegah terjadinya resiko cidera atau hal yang berbahaya bagi ibu hamil. Semoga artikel diatas dapat meringankan dan membantu anda untuk melancarkan proses kehamilan anda.