Tips Merawat Rambut

Tips Merawat RambutMemiliki rambut kasar, kusam, kering dan bercabang membuat penampilan rambut kurang menawan.  Belum lagi bila rambut anda berketombe dan mudah rontok, rasa percaya diri anda akan berkurang.
Masalah rambut juga dapat muncul akibat dari kebiasaan atau gaya hidup yang buruk.  Kebiasaan ini terlihat sepele, tetapi bila dilakukan secara terus menerus, rambut dapat menjadi lebih rusak.  Berikut kebiasaan yang dapat merusak rambut.
1. Mengikat rambut
Supaya rambut terlihat rapi, tidak jarang kaum wanita mengikat rambutnya.  Tetapi terlalu seringnya mengikat rambut juga dapat membuat rambut menjadi mudah rontok.  Ikatan tali rambut yang terlalu kencang akan menarik rambut, yang menjadikan akar rambut menjadi rapuh dan membuat rambut menjadi mudah rontok.
Mengikat rambut terlalu kencang dapat juga menghambat aliran nutrisi dari akar ke ujung rambut.  Rambut akan menjadi lebih mudah bercabang atau pencah – pecah.  Bila anda sering mengikat rambut, lakukan pada siang hari.  Di saat malam hari atau saat tidur, biarkan rambut anda terurai alami.
2. Menyisir terlalu sering
Kegiatan menyisir memang akan membantu untuk memperlancar aliran darah pada kulit kepala seperti gerakan memijat.  Tetapi bila terlalu sering menyisir, kulit kepala akan mendapatkan tekanan yang lebih dan justru dapat memicu kerontokan rambut.
Sisir rambut seperlunya.  Pilih jenis sisir yang nyaman digunakan dan seseuai dengan jenis rambut.  Semisal, sisir bergigi rapat untuk rambut lurus dan tekstur halus, atau dengan sisir renggang dan bergigi besar untuk rambut kering.
3. Menggaruk saat keramas
Banyak orang yang mengaku sering menggaruk kepala saat keramas dengan tujuan agar rambut bersih.  Cara ini kurang tepat karena justru dapat memicu kerontokan.  Sebaiknya anda dapat melakukan pemijatan saat keramas dan bersihkan sisa shampoo disaat membilas agar tidak memicu ketombe.
4. Menyisir saat rambut basah
Memiliki kebiasaan seperti ini juga dapat berakibat buruk karena dapat menyebabkan kerontokan.  Sebaiknya anda dapat menunggu hingga rambut menjadi agak kering.
Bila ingin menyisir, gunakan sisir yang bergigi jarang.  Sebaiknya menghindari mengikat rambut ketika rambut basah, karena bisa memicu kerontokan rambut dan rambut menjadi bau.
5. Tidak merawat rambut
Ketika anda memutuskan untuk mencatok rambut, mengecat atau mewarnai, mengeringkan rambut, anda perlu melakukan perawatan ekstra. Lakukan hair mask atau hair spa secara berkala untuk merawat kesehatan rambut.  Saat keramas, gunakan conditioner sesudah memakai sampo.
Oleskan hairtonic dan vitamin rambut agar rambut sehat dan tidak mudah rontok.  Bila ingin mencatok rambut, gunakan serum untuk rambut terlebih dahulu agar rambut menjadi lebih terlindungi ketika terkena suhu yang tinggi.
Faktor psikis lainnya juga dapat berpengaruh pada rambut.  Bila anda mudah stress, rambut juga bisa rontok atau berketombe.  Terapkan pola hidup sehat, konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup dan menghindari stress mampu untuk mendukung vitalitas pada rambut.
6. Cara Sedap Sehatkan Rambut dari Dalam
Semua orang pasti menginginkan rambut yang sehat, tebal, bebas ketombe, tidak mudah rontok, lembut dan berkilau.  Untuk mendapatkannya, anda dapat merawat rambut dari makanan yang anda konsumsi sehari – hari. Kandungan gizi pada sejumlah makanan ternyata bermanfaat untuk menunjang kesehatan pada rambut.
Jenis makanan pada rambut cukup beragam, anda dapat memadukan dengan menu harian lainnya.  Anda dapat mengolah bahan makanan ini menjadi beragam jenis sajian biar tidak bosan.  Berikut jenis makanan yang bermanfaat bagi rambut.
• Kacang-kacangan
Jenis kacang-kacangan memang dikenal kaya akan gizi.
Kacang kenari mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin E yang tinggi.  Kandungan ini baik untuk melindungi sel dari kerusakan dan dapat membantu regenerasi sel.  Pada kacang kedelai dan kacang merah memiliki kandungan seperti, protein, zat besi dan biotin yang bermanfaat bagi kesehatan rambut.
• Ikan-ikanan
• Beragam jenis ikan, terutama pada ikan laut umumnya mengandung asam lemak omega-3 dan kandungan penting yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut.  Pada beberapa jenis ikan juga mengandung vitamin B12 dan vitamin D yang baik untuk kesehatan kulit kepala, seperti pada ikan sarden, salmon dan tuna.
• Sayuran hijau
Sayuran hijau memang memiliki manfaat yang begitu populer.  Sayuran hijau memiliki kandungan mineral dan vitamin penting tidak hanya bagi tubuh, tetapi juga bagi rambut.  Kandungan mineralnya seperti kalsium dan zat besi memiliki manfaat untuk merawat kesehatan pada rambut secara menyeluruh.
Sayuran hijau juga memiliki manfaat untuk membantu menguatkan akar rambut dari alam sehingga dapat mencegah kerontokan pada rambut.  Jenis sayuran yang dapat anda pilih pun beragam, seperi sawi, kacang panjang, bayam dan kangkung.  Konsumsi sayuran tersebut pada menu harian anda dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.
• Susu dan yoghurt
Kandungan kalsium pada yoghurt dan susu tergolong cukup tinggi dan kandungan vitamin di dalamnya sangat dibutuhkan untuk rambut. Konsumsi yoghurt atau susu pada hari yang berbeda untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.
• Telur
Telur memang dikenal kaya akan kandungan protein.  Telur juga mengandung mineral, seperti seng, fosfor, zat besi dan selenium.  Pada kandungan ini memiliki manfaat untuk menguatkan akar rambut dan baik bagi kesehatan rambut secara keseluruhan.
• Ubi jalar
Ubi jalar memang memiliki manfaat untuk membantu menyehatkan rambut dari dalam.  Ubi jalar mengandung betakaroten yang cukup tinggi. Mengkonsumsi ubi jalar dengan cara direbus, dipanggang atau digoreng memilik manfaat untuk menyehatkan kulit kepala sehingga dapat mengurangi resiko munculnya ketombe.