Tips Merawat Kulit Sehat dan Kencang

Tips Merawat Kulit Sehat dan KencangBerjalannya waktu dengan bertambahnya usia, tanda – tanda penuaan pada wajah menjadi masalah yang seringkali dikeluhkan para wanita.  Tetapi bila rajin merawat kulit dengan produk yang tepat, anda dapat menikmati kulit yang senantiasa sehat dan kencang.
Berikut ini ada tips untuk anda untuk merawat kulit sehat dan kencang.
1. Beberapa masalah pada kulit wajah seperti iritasi disebabkan oleh penggunaan moisturizer yang tidak sesuai dengan jenis kulitnya.  Oleh sebab itu, ada beberapa trik untuk merawat jenis kulit yang cocok untuk anda:
• Pada kulit berminyak, gunakan lotion tanpa kandungan minyak atau tulisan pada kemasan produk “oil free”
• Pada kulit kering, gunakan krim dengan tekstur padat yang mengandung banyak air.
• Pada kulit sensitif, gunakan produk tanpa kandungan wewangian atau tulisan pada kemasan produk “fragrance free”
2. Pilih pelembab sesuai dengan jenis kulitmu.
Sebaiknya anda mencoba produk terlebih dahulu.  Tetapi jangan langsung dipakai di kulit wajah, anda dapat mencoba produk di sisi leher yang dapat ditutupi dengan rambut bila mengalami reaksi.  Bila telah melewati masa percobaan selama tiga hari, berarti anda dapat melanjutkan produk tersebut.  Tetapi bila produk memiliki kandungan yang mudah menyebabkan iritasi seperti alpha hydroxyl acidstetap atau retinol, anda dapat menggunakan pembersih dasar tanpa antioksidan dan tidak menyebabkan pengelupasan pada kulit.
3. Pilih tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.
Menurut para ahli, wanita sangat jarang menggunakan tabir surya yang cukup sehingga kondisi kulit akan lebih cepat berkerut dan rawan sekali terkena kanker kulit.  Sebaiknya gunakan tabir surya dengan SPF 30 di setiap pagi setelah mandi.  Tetapi bila anda memiliki aktivitas di luar ruangan, anda dapat menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF 45.
4. Perawatan kulit pada malam hari anda dapat menggunakan lotion yang memiliki kandungan retinol.  Bila kulit menjadi kemerahan, oleskan pelembab terlebih dahulu dan aplikasikan di saat kulit dalam keadaan kering.
5. Bila anda membutuhkan serum, pilih formula hyaluronic acid (HA) untuk mengurangi garis halus dan menjaga kulit tetap kencang, dan retinol menjadi kandungan yang ampuh.  Untuk menyamarkan bintik hitam, anda dapat mencoba serum dengan kandungan kedelai.
6. Pori – pori besar muncul disebabkan oleh tersumbatnya kulit mati dan minyak, cara paling cepat untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan pembersih yang mengandung 5 dan 1 persen salicylic acid.
7. Bila kulit wajah berminyak, anda dapat menggunakan beberapa produk, seperti:
• Pelembab dengan SPF.  Kandungan SPF menjadi kunci karena sinar matahari dapat menstimulasi produksi minyak.
• Foundation bubuk untuk membantu menyempurnakan riasan anda.  Bila anda telah terbiasa menggunakan liquid foundation, taburkan sedikit bedak pada permukaan kulit.
• Gunakan kertas dari plastik yang dapat menyerap minyak dan kertas ini dapat digunakan tanpa merusak riasan anda.
8. Sebaiknya anda memilih concealar yang mudah membaur.  Pilih warna yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda.  Warna yang lebih terang akan mengundang perhatian di sekitar anda.
9. Bintik hitam relatif sering muncul dengan bertambahnya usia.  Untuk menyamarkan bintik hitam tersebut, anda dapat mencoba ini jika:
• Kondisi masalah ringan : Anda dapat menggunakan krim dengan kandungan retinol yang tinggi
• Kondisi masalah serius : Sebaiknya konsultasikan dengan dokter ahli kulit untuk mendapatkan krim yang tepat bagi kulit wajah anda.
Itu tadi beberapa tips untuk merawat kulit sehat dan kencang.  Semoga bermanfaat bagi anda.