Tips Menjaga Mata Di Depan Komputer

Tips Menjaga Mata Di Depan KomputerMata adalah organ yang bisa juga dikatakan dengan cermin jiwa yang bisa tidak hanya mengungkapkan apa yang ada pada benak kita tetapi mampu mengungkapkan kesehatan kita.
Terutama buat anda yang bekerja di depan komputer, secara otomatis kondisi kesehatan pada mata akan menurun bila tidak diperhatikan.  Bisa karena berada terlalu dekat dengan layar, terkena silau atau radiasi dari layar dan lain sebagainya dapat menyebabkan masalah pada mata bila dibiarkan.
Beberapa tips perawatan mata untuk membantu anda menghindari masalah dan ketegangan pada mata:
1. Istirahat sejenak
Melihat layar tanpa berkedip dapat menyebabkan mata menjadi kering.  Tips perawatan mata adalah menghindari ketegangan mata dengan mengistirahatkan setiap beberapa menit sekali.
2. Palming
Gosok telapak tangan satu sama lain sampai terasa hangat, kemudian taruh telapak tangan pada mata selama 60 detik.  Salah satu cara ini dapat membantu mata lelah menjadi lebih rileks. Anda dapat mengulangi dua hingga tiga kali sampai merasa tenang.
3. Atur pencahayaan komputer.
Sesuaikan pencahayaan layar agar nyaman untuk mata sehingga mata tidak harus memaksa bekerja terlalu keras.
4. Ikuti aturan 20-20-20
Cara ini adalah setiap 20 menit menatap computer, berjalan 20 langkah selama 20 menit.  Cara ini membuat mata anda tetap seimbang dan tidak mudah kelelahan.
5. Lihat tanaman hijau
Setiap kali melihat komputer, ketika merasa lelah alihkan pandangan mata pada tanaman hijau guna mengembalikan kenyamanan mata.
6. Berkedip
Berkedip untuk menghindari mata kering.  Kedipan mata dapat menghasilkan air mata yang berguna untuk melembabkan mata.
7. Pakai kacamata baca
Pertimbangkan memakai kacamata baca yang akan membantu meminimalisir masalah yang disebabkan oleh terlalu lama dan lelah melihat pancaran layar komputer.
Bekerja di belakang komputer memanglah melelahkan, sebaiknya bawa obat tetes mata atau obat pembilas mata dan gunakan saat membutuhkan untuk membantu meringankan masalah pada mata anda.
Semoga tips ini berguna bagi anda yang bekerja di belakang komputer, atau yang senang bermain dengan komputer.