Tips Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tips Menguatkan Sistem Kekebalan TubuhSistem kekebalan pada tubuh seringkali mendapat tantangan oleh gaya hidup modern, karena pada gaya hidup modern pola makan kita menjadi tidak sehat, meningkatnya stress dan pencemaran setiap harinya dapat melemahkan daya tahan tubuh.  Dengan cara hidup modern seperti ini dapat mengakibatkan semakin banyaknya alergi, demam dan flu yang berulang kali, kelelahan kronis serta dapat menyebabkan iritasi terhadap lingkungan.  Gangguan pada sistem kekebalan tubuh baik karena kurang aktif atau terlalu aktif dapat semakin meningkat.  Berikut terdapat beberapa cara menguatkan sistem daya tahan tubuh.
1. Melakukan diet secara seimbang.
Diet dengan seimbang sangat penting sekali dalam menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh, diet dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah dan sayuran.  Sayuran dan buah mengandung berbagai vitamin, mineral, dan fitonutrisi yang berperan penting untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.  Asupan mineral esensial dan vitamin dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan dapat melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.  Untuk mendapatkan asupan mineral, anda bisa mendapatkannya dari ikan, unggas, daging rendah lemak, susu rendah lemak, sereal dan kacang-kacangan.  Konsumsi setiap hari makanan keju, telur atau hati yang mengandung vitamin A dan bayam, ubi jalar atau wortel yang mengandung beta karoten.
2. Memperbanyak Istirahat.
Istirahat berguna untuk menetralkan pikiran dan tenaga yang terkuras pada aktivitas sehari-hari.  Sewaktu tidur, tubuh melepaskan zat yang berfungsi untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, oleh karena itu sebaiknya menambah jam tidur pada saat sakit.  Tetapi banyaknya aktivitas dalam sehari-hari kita melupakan aspek ini, yang dapat mengakibatkan timbulnya tanda-tanda kelelahan ekstrim, mudah marah dan panik semakin meningkat.
3. Membuat Program Olahraga
Olahraga dapat membangun sistem kekebalan bagi tubuh, anda dapat membuat program olahraga yang dimulai dari intensitas rendah hingga sedang dengan durasi 25-30 menit setiap hari. Olahraga dapat membuat anda nyaman saat memiliki berat badan yang ideal, dan olahraga dapat mempertahankan bentuk badan anda.
4. Konsumsi 6 – 8 gelas sehari
Tubuh manusia terdiri atas air yang bekerja untuk mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh dan mengeluarkan kotoran melalui keringat dan air seni.  Fungsi air penting untuk proses reaksi kimia yang ada dalam tubuh.  Peran air sebagai pelumas pada sekitar sendi dan melindungi jaringan pada organ-organ tubuh manusia yang sensitif salah satunya tulang belakan dan mata.  Sebaiknya anda terhindar dari dehidrasi.
5. Mengkonsumsi asupan Vitamin C
Sebaiknya anda mendapatkan vitamin C setiap harinya sebanyak 1000-2000 mg.  Manfaat dari vitamin C dapat menurunkan histamine dan bila anda mengkonsumsi vitamin C dapat meningkatkan immunoglobulin, protein dalam darah yang memiliki tugas sebagai antibody untuk melawan penyakit.
6. Terpenuhinya asupan seng dalam tubuh.
Bila kekurangan mineral akan dapat mempengaruhi sistem kekebalan dalam tubuh.  Untuk mendapatkan asupan seng anda dapat memperolehnya dari daging sapi rendah lemak, biji labu dan kerang.  Pada penelitian pada lanjut usia, bahwa multi-vitamin dan suplemen mineral dapat meningkatkan respon sistem kekebalan bagi tubuh.  Anda dapat mengkonsumsi sebaiknya 400 mg magnesium setiap harinya.  Sistem kerja magnesium adalah menyalurkan impuls-impuls saraf pada tubuh.  Magnesium dapat anda peroleh dari kacang polong, sayuran, kacang-kacangan, dan kacang polong.