Tips Mengatasi Payudara Kendur

Tips Mengatasi Payudara KendurSetiap payudara terdiri dari 15-20 lobus, setiap lobus terdiri dari banyak lobulus yang ujungnya terdapat kantung kelenjar tempat susu diproduksi sebagai respon sinyal hormonal.  Sebagian besar payudara terdiri atas jaringan adiposa (lemak) dan jaringan ikat (ligamentum Cooper) yang berada diantara jaringan dan kelenjar susu. Kedua jaringan ini yang menentukan ukuran, bentuk serta elastisitas payudara disamping faktor lain seperti hormon dan genetik.
Meskipun usia muda memiliki bentuk payudara yang sedikit turun masih wajar, karena strukturnya yang tidak memiliki otot.  Pada saat gravitasi menarik payudara ke bawah, ligamen dan kulit akan ikut teregang.  Selain faktor gen, diet dan proses penuaan, kecenderungan penurunan bentuk payudara bergantung pada elastisitas dari kulit dan ligamen wanita.  Oleh karena beban gravitasi yang lebih besar, semakin besar ukuran payudara mengalami resiko penurunan semakin besar, serta penurunan berat badan dan pengerutan kelenjar susu setelah masa menyusui selesai. Penurunan volume payudara ini tidak diimbangi dengan pengerutan kulit sehingga payudara tampak menjadi kendur.
Penurunan payudara sendiri dapat diperbaiki dengan cara pembedahan, tetapi peregangan ligament dan kulit akan terus terjadi hingga suatu saat payudara akan kembali mengendur.  Karena payudara tidak memiliki otot, metode latihan disarankan seperti push-up dan angkat beban lebih ditujukan untuk membentuk postur dada menjadi lebih baik dengan jalan mengencangkan otot dada.  Tips lain untuk menyiasati tampilan payudara, antara lain:
1. Usahakan berdiri dengan postur tegak yang sesuai.
2. Gunakan bra yang suportif pada saat sedang beraktivitas.  Pilih bra yang sesuai dengan ukuran payudara anda dapat menciptakan kenyamanan bagi anda.
3. Mencoba untuk menerima dan berpikir realistis.
Pengenduran payudara adalah hal yang akan dialami oleh setiap wanita dan tidak semua menjalani pembedahan.  Selama masih terjadi peregangan ligamen dan kulit payudara, pengenduran kembali terjadi.  Yang paling penting adalah mencegah dan bagaimana seseorang menerima hal tersebut sebagai bagian dari hidup.

Incoming search terms:

  • cara menyisiati payudara kendur