Tips Menenangkan Diri Saat Marah

Tips Menenangkan Diri Saat MarahMarah merupakan suatu emosi negative yang meledak – ledak karena suatu hal.  Ada beberapa orang yang bilang, jangan sering marah, nanti cepat tua.  Ada banyak kejadian yang tidak menyenangkan terjadi karena marah, bahkan banyak tindak kejahatan yang terjadi saat kemarahan.

Supaya marah tidak membuat kita menjadi cepat tua, stress dan membuat orang berfikir negatif tentang kita, sebaiknya redam amarah dengan beberapa cara seperti ini:
1. Tarik Napas
Pada saat orang atau kondisi yang dapat memancing emosi, sebaiknya tarik nafas dalam – dalam, lalu hembuskan pelan – pelan. Cara ini lebih baik daripada anda teriak – teriak atau mengumpat kata – kata kasar, selain itu cara ini dapat membuat otak menerima banyak oksigen yang membuat tubuh anda menjadi tenang.  Lakukan cara ini hingga merasa tenang dan santai.
2. Hitung Mundur
Lakukan cara pertama, lalu hitung mundur hingga merasa tenang. Semakin tinggi tingkat kemarahan, semakin tinggi pula angka menghitung mundur.  Beberapa penelitian melakukan cara ini sangat efektif.  Dengan cara menghitung mundur, maka cara ini memberikan kesempatan tubuh untuk rileks dan berpikir lebih jernih.  Marah bisa hilang dan penyelesaian masalah menjadi lebih baik.
3. Asingkan Diri Sementara Waktu
Terkadang ketika seseorang yang sedang marah, di colek sedikit akan menjadi semakin marah, terlebih oleh orang yang memicu tingkat kemarahan.  Sebaiknya ‘asingkan’ dulu diri sementara waktu hingga kemarahan mereda.  Bila hal ini terjadi di tempat umum, kantor, kampus sebaiknya memilih lokasi yang tenang dan tidak banyak dilalui orang.
4. Dengarkan Musik dan Menyanyi
Bila sudah dapat menenangkan diri, alangkah lebih baik bila sambil mendengarkan musik yang tenang dan damai.  Bila ingin segera kembali ceria, maka pilih lagu yang riang gembira dan menyanyilah. Cara ini akan membuat mood menjadi lebih baik.  Dengan hati yang gembira, kemarahan akan mereda.
5. Menangis Tidak Dilarang
Tidak ada yang melarang menangis, karena menangis adalah suatu hal yang wajar.  Saat perasaan sudah tidak dapat ditahan, daripada berteriak, cari tempat yang sepi lalu menangislah.  Menangis memang tidak dapat menyelesaikan masalah,  tetapi beban pikiran dan dada akan terasa berkurang.  Kemarahan pun dapat menguap.

Beberapa cara untuk tidak tersulut emosi sudah saya sampaikan, semoga cara tersebut dapat membantu anda untuk menjadi lebih tenang saat tersulut emosi yang meledak – ledak.  Cara tersebut adalah salah satu cara untuk menahan proses penuaan dini dan menghindarkan anda beberapa penyakit serius.