Tetap Fit Menjalani Puasa

Di saat bulan puasa tiba sebelum lebaran atau saat Ramadhan, Anda tidak harus konsumsi makanan secara berlebihan di saat malam.

Selama melakukan aktifitas puasa metabolisme tubuh menjadi lebih lambat dan tubuh bisa merasa lemas dan lelah. Namun dengan perencanaan yang baik ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjadi Anda tetap fit dan kuat selam masa puasa tersebut.

Tetap Fit Menjalani Puasa

– Makan yang benar
Menyantap makanan bersama sama dengan anggota keluarga memang saat saat yang menyenangkan baik yang berpuasa, namun bukan berarti ANda bisa banyak banyak melakukan konsumsi makanan yang tidak sehat.

Pada saat waktu sahur cobalah untuk makan makanan yang bergizi dan dapat memberikan energi sepanjang waktu saat Anda berpuasa. Yaitu dengan konsumsi kombinasi sayuan dan buah yang kaya akan serat dan makan makanan yang secara lambat di proses oleh tubuh. Makanan seperti itu antara lain : nasi merah, gandum, serta produk susu yang rendah lemak.

Terkadang saat berbuka, kita tergoda untuk makan makanan atau minuman yang sangat manis dan makan gorengan serta konsumsi makanan dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini sebenarnya kurang tepat untuk dilakukan karena pola seperti ini malah bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di dalam lambung kita.

Sebaiknya saat berbuka cobalah untuk konsumsi makanan dalam jumlah sedikit terlebih dulu dan minum air putih dulu. Dan bisa dilanjutkan dengan sup sayur dan makanan yang mengandung 5 sumber nutrisi untuk badan kita yaitu sayuran, buah, nasi merah, dan protein seperti ikan atau daging ayam.

– Tetap aktif
Melakukan puasa bukan berarti berhenti olah raga sama sekali. Apabila Anda sudah ada rutinitas olah raga sebelumnya maka sebaiknya tidak dihentikan. ANda bisa melakukan beberapa jenis olah raga setelah buka puasa. Agar tidak terlalu capai, tingkat energi bisa dijaga dengan konsumsi makanan dengan kandungan protein, karbohidrat kompleks serta sayur mayur.

-Tidur yang cukup
Saat di bulan puasa terkadang jadwal tidur menjadi kacau atau berubah. Atau begadang sambil menunggu sahur. Anda harus ingat untuk selalu menjadi tubuh agar tetap fit dan segar, untuk itu sebaiknya tidur cukup 7-8 jam tetap dilakukan untuk menjaga kesegaran tubuh.

 

KOZUIISUIT SLIMĀ