Tetap Bugar Meski Menopause

Tetap Bugar Meski MenopauseMenopause adalah suatu proses berhentinya menstruasi paling sedikit selama satu tahun dan berakhirnya periode reproduksi wanita.  Banyak akibat penyakit yang dapat timbul akibat menurunnya kadar hormone esterogen yang berfungsi sebagai pelindung wanita.  Wanita menopause harus lebih menjaga kesehatan dengan melakukan latihan fisik supaya tetap sehat dan bugar.  Latihan fisik yang dilakukan tidak mengurangi gejala yang terjadi pada wanita menopause seperti gangguan tidur dan hot flushes tetapi ada beberapa wanita latihan fisik yang dilakukan secara teratur selama dan sesudah menopause dapat menyembuhkan stress dan meningkatkan kualitas kehidupan.
Ada beberapa keuntungan melakukan latihan fisik secara teratur saat menopause:
1. Mengurangi penambahan berat badan
Pada wanita terjadi kecenderungan berkurangnya masa otot dan bertambahnya lemak pada bagian perut yang terjadi selama dan sesudah menopause, dengan aktivitas ringan dapat mengurangi peningkatan berat badan.
2. Menurunkan risio kanker payudara.
Latihan fisik selama dan sesudah menopause dapat menurunkan berat badan dan memberikan perlindungan terhadap resiko kanker payudara.
3. Menguatkan tulang-tulang.
Latihan fisik akan memperlambat kehilangan masa tulang, sehingga mencegah fraktur dan osteoporosis.
4. Mengurangi risiko penyakit lainnya.
Selama dan sesudah menopause mempunyai resiko terhadap penyakit kronis seperti kardiovaskuler dan diabetes tipe 2, melakukan latihan fisik dapat mengurangi resiko tersebut.
5. Membangun mood yang baik.
Latihan fisik dapat meningkatkan kesehatan psikologi wanita. Latihan fisik yang disarankan:
2 jam 30 menit untuk aerobic dengan intensitas sedang, 1 jam 15 menit untuk aerobic dengan intensitas cepat yang dibagi secara teratur dalam seminggu.  Latihan fisik dilakukan paling sedikit dua kali seminggu.
Beberapa pilihan latihan fisik yang dapat dilakukan :
1. Latihan aerobic : jogging, bersepeda, jalan, berenang atau aerobic air.
Bila masih pemula sebaiknya lakukan aktivitas ringan selama 10 menit dan perlahan naik.
2. Latihan beban.
Latihan jenis ini dapat mengurangi peningkatan kadar lemak dalam tubuh.  Pilih beban atau tahanan yang sesuai otot dan diulangi lagi 12 kali. Naikkan beban secara bertahap, anda akan mendapatkan kekuatan otot yang baik.
3. Peregangan.
Pada latihan fisik peregangan ini dapat meningkatkan pergerakan, fleksibilitas dan memperbaiki sirkulasi.  Peregangan dapat mengurangi kadar stress.  Lakukan peregangan setelah dirasa otot sudah hangat dan siap diregangkan.  Olahraga seperti yoga sangat baik bagi tubuh.
4. Keseimbangan dan stabilitas.
Latihan fisik keseimbangan dapat meningkatkan stabilitas dan mencegah jatuh, coba berlatih seperti berdiri dengan satu kaki, tai chii sangat baik melatih keseimbangan badan.
Apapun latihannya yang dikerjakan, sebaiknya mengetahui kondisi badan terlebih dahulu.  Lakukan pemanasan terlebih dahulu dan pendinginan setelah latihan fisik.  Selamat mencoba, semoga tetap bugar meskipun kondisi menopause.