Sakit Perut, Gejala dan Penyebab Beserta Solusinya

Sakit Perut, Gejala dan Penyebab Beserta SolusinyaPenyakit ini pernah dirasakan semua orang.  Beberapa hal akan membedakan jenis sakit perut yang kita alami ditinjau dari beberapa gejala, kemudian mengambil langkah pertama untuk mengatasinya. Pada situasi yang berat anda membutuhkan bantuan dari dokter.
1. MAAG
Gejala dari maag : Nyeri di bagian uluhati, disertai dengan keluhan seperti muntah, mual, perut kembung, bersendawa (terutama ketika lapar) dan cepat kenyang.
Penyebab dari maag bisa bermacam – macam.  Bisa juga karena makanan, terutama pada makanan yang mengandung gas seperti ubi, sawi, dan kol.  Bisa juga disebabkan oleh minuman seperti alkohol, soda, dan kopi.  Penyakit maag dapat dihubungkan dengan faktor merokok, stress dan konsumsi obat – obatan penghilang rasa sakit termasuk pada obat rematik.
Solusinya : Pada obat – obatan anti maag yang mengandung antasida cukup untuk mengatasi gejala tersebut.  Karena antasida berfungsi sebagai penetralisir asam lambung.  Tetapi bila rasa sakit tak kunjung hilang, sebaiknya konsultasikan dengan dokter dan mengurangi makanan yang dapat mengganggu kinerja lambung seperti makanan yang terlalu pedas dan asam.  Sebaiknya makan dengan teratur.
2. BATU EMPEDU
Gejala batu empedu :  Pada pasien yang memiliki batu pada empedu biasanya merasakan nyeri uluhati yang timbul dan hilang. Terkadang rasa tersebut menjalar pada bagian belakang tubuh.
Penyebab batu empedu :  Pada makanan berlemak atau bisa juga dihubungkan dengan kadar kolesterol yang terlalu tinggi. Batu empedu adalah endapan kolesterol, bilirubin atau garam kalsium lain yang terbentuk pada kantung empedu atau di dekat saluran empedu.
Solusinya :  Bila pada pemeriksaan dokter (dengan USG abdomen) dapat dipastikan adanya batu pada kandungan empedu.  Sebaiknya langkah yang diambil adalah operasi.  Terlebih bila batu kalsium atau batu non kalsium yang terlanjur membesar dan mengeras.
3. USUS BUNTU
Gejalanya :  Rasa nyeri pada perut bagian kanan bawah, umumnya disertai dengan mual, muntah dan rasa nyeri secara terus menerus. Terkadang rasa nyeri akan bertambah hingga tiga kali lipat ketika berjalan. Badan terasa meriang dan tidak enak.  Akibat rasa sakit yang luar biasa terkadang tidak sadar untuk memegangi terus perut bagian bawah kanan sambil mengeluh.
Penyebabnya :  Bakteri atau kuman yang masuk. Jadi, bila menyangka penyebabnya adalah akibat terlalu banyak makan cabai atau biji – bijian, itu hanyalah mitos belaka.
Solusinya :  Bila mengalami gejala sakit pada perut bagian kanan bawah, segera ke dokter.  Pastikan gejala tersebut merupakan infeksi usus buntu.  Bila ya, sebaiknya menginap di rumah sakit untuk operasi, karena operasi merupakan cara yang paling baik.  Bila penyakit ini dibiarkan maka ada kemungkinan usus tersebut pecah dan infeksi menyebar ke seluruh perut yang berakibat sangat fatal.
4. KOLERA
Gejalanya :  Perut seperi ditekan, merasakan nyeri terutama di perut bagian bawah dan diikuti dengan kejang otot perut.  Merasakan mual, muntah dan disertai dengan mencret.  Kolera disebut juga dengan penyakit muntaber karena gejala utamanya adalah BAB dan muntah.
Penyebabnya :  Kuman Vibrio cholera yang mempunyai nama lain ibacillus coma.  Kuman ini menyebar melalui makanan dan minuman yang tercemar.
Solusinya :  Ganti cairan pada tubuh yang hilang dengan garam oralit.  Bila kehilangan banyak cairan tubuh dan penderita sudah tidak dapat menerima cairan dari mulut, cairan pengganti diberikan melalui infus.
5. BATU GINJAL
Gejalanya :  Rasa Nyeri pada perut kiri atau kanan bawah yang menjalar menuju kelamin.  Bila batu ginjal menyerang dapat mengalami rasa nyeri yang sangat luar biasa akibat saluran kemih akan meregang kuat akibat menahan air seni yang tidak bisa keluar.
Penyebabnya :  Terdapat batu pada saluran kencing.  Rasa nyeri yang dirasakan hilang timbul dan rasa sakitnya semakin bertambah kuat ketika kebelet kencing.
Solusinya :  Penghilang rasa sakit tersebut telah dijual bebas dan dapat diminum untuk mengurangi rasa nyeri.  Tetapi semua tergantung pada intensitas rasa sakit, bila terlalu hebat segera pergi ke dokter untuk mendapatkan obat penghilang rasa sakit melalui suntikan.  Bila batu terlalu besar dan keras, maka jalan yang diambil adalah operasi.
6. SEMBELIT
Gejalanya :  Rasa nyeri pada perut yang hilang timbul yang berada di sekitar pusar.  Rasa nyeri ini muncul berkaitan dengan makanan yang telah dikonsumsi atau akibat dari susah buang air besar.
Penyebabnya :  Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan kurang memakan sayudan.  Pada kondisi yang berat, sembelit bisa disebabkan karena adanya halangan mekanis pada usus seperti radang pada dinding usus, usus yang menonjol keluar atau kanker.
Solusinya : Konsumsi obat pencahar.  Samakan dengan penyebab sembelit, bila penyebabnya kotoran terlalu keras beli obat pencahar yang dapat melunakkan kotoran atau pilih obat pencahar yang membuat saluran pencernaan terasa penuh sehingga menimbulkan rangsangan untuk buang air besar dan bisa juga memilih obat pencahar yang dapat menyerap cairan.
7. DISENTRI
Gejalanya :  Rasa mulas yang hampir sama dengan wanita yang hendak melahirkan.  Rasa ini mengakibatkan bolak – balik toilet untuk buang air besar.  Dalam satu hari bisa 20 hingga 30 kali buang air besar dan kotoran mencret dan berlendir.  Terkadang kotoran disertai dengan darah.
Penyebabnya :  Mengkonsumsi makanan kotor yang telah terinfeksi kuman amuba usus atau shigela dissentri.
Solusinya :  Sebaiknya ganti cairan yang telah keluar dengan garam oralit.  Pemberian antibiotic sangat penting untuk membunuh kuman.  Tetapi yang lebih penting adalah mencegah daripada mengobati dengan cara menjaga kebersihan, menjaga makanan dan minuman dari kotoran, dan membasmi lalat yang ada di rumah.
Demikian penjelasan yang telah saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda.

Incoming search terms:

  • perut membesar susah buang air besar dan mual sakit ap
  • perut mulas menyebar keseluruh bagian
  • Perut mulas susah keluar air besar dan berlendir
  • perut nyeri disertai meriang
  • sakit perut tidak lapar tidak buang air besar