Penyebab Mudah Mengantuk Dan Lelah

Penyebab Mudah Mengantuk Dan LelahRasa mengatuk adalah tanda dari tubuh untuk beristirahat, biasanya datang di malam hari atau ketika merasa lelah.  Tetapi pada keadaan tertentu, mungkin merasa mengantuk dan lelah hampir sepanjang hari dan bahkan sewaktu kerja, padahal anda merasa telah mendapatkan waktu tidur yang cukup.
Rasa kantuk dan lelah yang datang tidak pada waktunya, perlu diwaspadai dan segera ditanggulangi karena dia tidak hanya akan mempengaruhi keselamatan, kualitas hidup, dan produktivitas sehari – hari tetapi bisa juga mengungkapkan kondisi kesehatan ataupun penyakit yang mungkin di derita.
Apa yang menyebabkan timbulnya rasa kantuk dan lelah sepanjang hari? Berikut penjelasannya:
1. Sleep Apnea
Gangguan sleep apnea dapat menyebabkan pernafasan berhenti secara singkat dalam waktu yang berkala setiap malam.  Setiap interupsi yang terjadi akan membangunkan anda, tetapi anda tidak menyadarinya. Akibatnya anda merasa kurang tidur, meskipun telah melewati tujuh atau delapan jam di tempat tidur.  Biasanya penyakit ini dialami oleh orang yang kegemukan, sebaiknya turunkan berat badan.  Hentikan merokok dan mengusahakan untuk tidur tengkurap atau miring.
2. Kurang energy
Memakan terlalu sedikit dan diet yang berlebihan dapat menyebabkan mudah lelah tetapi makan makanan yang salah dapat menyebabkan masalah.  Makan makanan diet yang seimbang dapat membantu gula darah pada tingkatan normal dan dapat mencegah perasaan lesu ketika gula darah turun.  Pada pagi hari pastikan untuk makan.  Pada sarapan, sertakan protein tinggi dan karbohidrat kompleks seperti roti, telur setengah masak di setiap waktu makan.
3. Kurang darah merah (anemia)
Penyakit ini biasanya terjadi pada wanita, karena mereka akan kehilangan darah ketika menstruasi.  Kekurangan darah dapat menyebabkan kurangnya zat besi, sel darah merah yang diperlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh menjadi berkurang, sehingga dapat menyebabkan sering merasa ngantuk.
Sebaiknya banyak memakan makanan yang mengandung kaya zat besi, seperti hati, daging, sayuran hijau, sereal, kerang.
4. Dehidrasi
Tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk bekerja dan berfungsi dengan baik.  Kekurangan cairan dapat menyebabkan merasa lelah sepanjang hari.  Sebaiknya minum air sepanjang hari hingga urin berwarna jernih.  Minum cukup air setelah setiap dua jam untuk terhindarkand dari dehidrasi sepanjang hari.
5. Depresi
Pada depresi tidak hanya mempengaruhi emosi, tetapi mempengaruhi fisik. Sakit kepala, lemah, hilang selera makan adalah gejala yang sering ditimbulkan akibat dari tekanan emosi.  Sebaiknya lakukan hal yang dapat mengurangi depresi seperti berbagi masalah dengan orang lain yang dipercaya, berolahraga, meditasi.
6. Penyakit Hipotiroid
Tiroid adalah suatu kelenjar kecil di dasar leher yang berfungsi untuk mengontrol metabolisme dan kecepatan mengubah bakan bakar menjadi tenaga.  Ketika pada kelejar kurang aktif dan fungsi metabolisme tubuh terlalu lambat, orang dapat merasakan selalu mengatuk dan badan terasa lesu.  Anda dapat konsultasi dengan dokter, bila tes darah menunjukkan hormone tiroid rendah, hormone sitesis dapat membantu meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh anda.
7. Penyakit Diabetes
Gula yang dibawa darah akan diambil oleh sel dan dirubah menjadi tenaga untuk beraktivitas.  Pada penyakit diabetes, gula yang dibawa darah akan sulit terambil oleh sel tubuh, sehingga sel kurang memiliki tenaga untuk beraktivitas.  Sebaiknya anda dapat mengontrol makan dan selalu berolahraga.  Dengan cara menurunkan berat badan sebanyak 10%, resiko untuk mengalami diabetes berkurang setengah.
8. Penyakit Jantung
Ketika mudah merasa lelah dan kantuk untuk melakukan kegiatan sehari – hari, sebaiknya memastikan jantung anda dalam keadaan baik.  Selalu mengatuk bisa jadi pertanda awal pada penyakit jantung.
Mengubah gaya hidup dan diet dengan rekomendasi dokter adalah cara untuk mengatasi masalah ini.