Penyebab Bibir Kehitaman

Penyebab Bibir KehitamanSalah satu yang membuat penampilan bibir menjadi jelek adalah ketika bibir berwarna hitam.  Kehilangan warna merah pada bibir ternyata disebabkan oleh beberapa hal yang tidak terduga.  Hal ini merupakan salah satu gejala masalah pada kulit, tetapi banyak wanita yang menganggap hal seperti ini biasa saja.  Lain halnya dengan masalah lain yang mudah diatasi, ternyata bibir berwarna hitam ini dua kali lebih sulit daripada masalah pada jerawat.
Untuk mengatasi masalah seperti ini, alangkah baiknya kita mengenali dahulu beberapa penyebabnya:
1. Merokok
Salah satu penyebab utama bibir berwarna hitam adalah nikotin yang terkandung pada rokok.  Kebiasaan merokok akan membuat bibir menjadi hitam dan pecah – pecah.  Tidak jarang bila bibir menjadi tidak cantik lagi.
2. Kafein
Sama halnya dengan yang suka ngopi atau yang suka mengkonsumsi kopi lebih dari dua kali sehari, bibir akan berubah menjadi kekuningan dan lama kelamaan akan menjadi hitam.  Lebih parahnya lagi, para pecinta kopi tidak bisa dengan mudah mengatasi masalah seperti ini dengan hanya banyak meminum air putih saja.
3. Terpapar sinar matahari
Jaman sekarang, matahari menjadi dampak buruk dan sering memunculkan masalah – masalah pada kulit.  Seringnya terpapar sinar matahari ternyata juga dapat mempengaruhi warna pada bibir.  Bibir berubah warna menjadi gelap dan lebih cenderung menjadi pecah – pecah. Pada kasus inilah mengapa sangat penting untuk memakai lip balm yang mengandung SPF tinggi setiap akan melakukan kegiatan diluar ruangan.
4. Produk lipstick
Selama ini para wanita hanya peduli dengan membersihkan sisa make up di bagian mata dan kulit wajah saja, teteapi sisa lipstik di bibir tidak dihiraukan.  Ternyata pewarna pada lipstick bisa tinggal di bibir dan dapat menyebabkan warna bibir menjad hitam.
5. Kehilangan kelembaban
Kehilangan pelembaban pada kulit tidak hanya membuat kulit menjadi kering dan pecah – pecah.  Dampaknya pada bibir dapat membuat warna bibir menjadi hitam.
6. Sering menggigit bibir
Para peneliti membuktikan bahwa seringnya menggigit bibir dapat memicu terjadinya pigmentasi pada bibir yang dapat menyebabkan bibir menjadi lebih gelap dan juga dengan seringnya menjilat bibir dapat membuat kondisi bibir menjadi mudah kering.
7. Kekurangan vitamin C
Vitamin akan membantu metabolisme tubuh dan menjadi sumber nutrisi yang dapat mempercantik kulit.  Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan bibir menjadi hitam dan mudah pecah – pecah.
Untuk mengatasi bibir biar tidak berubah warna, berikut ada beberapa tips yang dapat anda coba:
1. Berhentu merokok.
Untuk mempertahankan warna pada bibir, sebaiknya berhenti merokok. Dengan berhenti merokok anda dapat mempertahankan warna pada bibir, kesehatan dan kecantikan.
2. Membatasi diri untuk mengkonsumsi kafein dari kopi dan teh.
3. Memakai scrub khusus untuk bibir setiap minggunya.
4. Memakai lip balm dengan kandungan SPF 15.
5. Tidak lupa untuk mengkonsumsi air putih 6 hingga 8 gelas setiap harinya.
6. Sebisa mungkin untuk menghindari menggigit bibir.
7. Membersihkan sisa lipstick menggunakan make up remover sebelum tidur, sehingga bekasnya tidak akan tertinggal sewaktu tidur.
Itu tadi beberapa penyebab bibir mengalami perubahan warna dan beberapa tips untuk terhindar dari bibir berwarna kehitaman.  Setelah anda mengetahui penyebab bergantinya warna pada bibir, sebaiknya anda dapat mencoba tips untuk mencegah terjadinya bibir berwarna kehitaman dengan tips diatas yang semoga dapat membantu anda.