Pemicu serangan jantung

Pemicu Serangan JantungSerangan jantung adalah penyakit yang ditakuti seluruh dunia. Serangan jantung tidak hanya disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah, tetapi juga dapat timbul dari hal sepele kebiasaan sehari – hari.  Berikut pemicu serangan jantung dari kebiasaan sehari – hari.

1. Emosi
Kebiasaan emosi adalah salah satu yang dapat memicu terjadinya serangan jantung.  Pada situasi ini terjadi ketika emosi terjadi peningkatan tekanan pada darah yang dapat mengakibatkan jantung berdetak lebih kencang.  Sebaiknya menahan emosi dan bersikap lebih sabar.
2. Minum Alkohol
Mengkonsumsi terlalu banyak minuman alkohol tidak baik untuk kesehatan jantung, karena semakin meningkatnya konsumsi alkohol dapat membuat perut membuncit sehingga akan meningkatkan terjadinya resiko serangan jantung.
3. Duduk terlalu lama
Pada situasi ini sebaiknya anda yang bekerja di belakang meja lebih mewaspadai, karena dapat meningkatkan terjadinya serangan jantung.  Duduk terlalu lama menyebabkan peredaran darah menjadi berkurang lancar.  Sebaiknya menyempatkan waktu sejenak setiap satu atau dua jam untuk berjalan.
4. Makan makanan berlemak
Beberapa orang pun mengetahui bila mengkonsumsi banyak makanan lemak tidak baik untuk kesehatan terutama pada kesehatan jantung.  Terlalu banyaknya konsumsi makanan berlemak dapat menyebabkan obesitas, obesitas dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan stroke.
5. Kesepian
Situasi kesepian juga menjadi faktor penyebab terjadinya serangan jantung.  Pada penelitian, efek kesepian yang tidak baik untuk mental ternyata dapat juga berdampak pada kesehatan jantung. Ketidakmampuan berkomunikasi dengan orang lain dan kurangnya sosialisasi dengan lingkungan sekitar akan melemahkan sistem kekebalan pada tubuh.
6. Kebersihan gigi
Pada gigi yang putih bukan ukuran paten bebas dari kuman dan bakteri.  Masalah yang dapat timbul adalah terjadinya infeksi atau peradangan pada gusi yang menjadi pemicu kerusakan jaringan dan tulang pendukung gigi, yang mengakibatkan akumulasi mikroorganisme dari radang gusi sehingga menyumbat dan merusak pada dinding arteri jantung.
7. Olahraga
Olahraga adalah kebiasaan yang sangat baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan membuat jantung menjadi sehat.  Tetapi jangan salah, beberapa olahragawan terutama pada pemain sepak bola meninggal di tengah lapangan gara – gara serangan jantung.
Itulah tadi beberapa pemicu serangan jantung yang diakibatkan oleh kebiasaan sehari – hari.  Sebaiknya mulai sekarang kita dapat memikirkan hal yang baik untuk kesehatan bagi diri kita, keluarga, dan orang sekitar kita.