Minum Teh dan Kopi Bisa Hambat Penyerapan Zat Besi

Minum Teh dan Kopi Bisa Hambat Penyerapan Zat BesiPenyakit anemia adalah keadaan dimana tubuh tidak mampu mempertahankan Hb (zat darah merah) dalam batasan-batasan normal. Zat yang paling penting berperan dalam proses terjadinya anemia gizi adalah zat besi. Zat besi merupakan penyebab utama anemia gizi bila dibandingkan dengan zat gizi lainnya seperti asam folat, vitamin B12, vitamin dan trace element lainnya.

Bagaimana kita mengetahui apakah saat ini kita dalam kondisi anemia ataukah tidak? Berdasarkan penelitian Rumah Gizi “Natural Green” di Surabaya mengatakan bahwa kita bisa mengalami gejala anemia dengan dua cara, yaitu melihat bawah kelopak mata apakah tampak pucat atau tidak dan dapat melakukan tes darah.

Seseorang mengalami anemia terjadi karena banyaknya faktor. Misalnya pada keadaan dimana kehilangan banyak darah, kurangnya kandungan zat besi dalam makanan, adanya zat-zat penghambat dan parasit pada tubuh (cacing tambang dan cacing pita).

Dampak dari anemia dapat menimbulkan gangguan bagi kesehatan, pada anak-anak akan mengalami gangguan pertumbuhan fisik dan perkembangan pertumbuhan. Pada ibu hamil dapat terjadi kerawanan saat melahirkan seperti perdarahan, berat badan lahir bayi rendah dan bahkan kematian. Pada ibu menyusui kualitas ASI menjadi rendah. Pada para pekerja umumnya wanita, produktivitas kerja akan menurun. Asupan makanan yang dibutuhkan adalah makanan yang kaya akan kandungan zat gizi besi, seperti pada ikan laut segar, kuning telur dan hati ayam kampung.  Pada sayuran seperti daun ketela rambat, bayam dan daun katuk. Mengkonsumsi kedelai juga dapat membantu memberikan asupan zat besi dalam tubuh. Beberapa asupan yang dapat menghambat penyerapan zat besi dalam darah adalah teh dan kopi.

Faktor lainnya seperti konsumsi suplemen kalsium dosis tinggi juga perlu diperhatikan, kurangnya asupan dari vitamin C, B12 dan asam folat.

Incoming search terms:

  • yg dihambat kopi/teh bukan zat gizi protein?