Menyikat Gigi Yang Benar

Menyikat Gigi Yang BenarSampai mana anda memperhatikan kebersihan mulut dan gigi? Kebanyakan orang merasa cukup hanya dengan menyikat gigi dengan dua kali sehari dengan durasi penyikatan kurang lebih satu menit.  Ideal kebersihan rongga mulut harus ditunjang dengan penggunaan obat kumur, benang gigi dan penyikatan selama dua hingga tiga menit dengan pasta gigi mengandung fluoride.
Bagian yang sering luput dari perhatian menjaga kebersihan gigi terletak pada bagian gigi yang terletak diantara dua gigi.  Pada sela gigi yang kotor dan terdapat sisa-sisa makanan yang berpotensi menjadi sarang bakteri.  Sela-sela gigi yang renggang biasanya sering menyangkut makanan yang berserat seperti daging dan sayuran. Makanan yang terselip bila dibiarkan dengan waktu yang lama dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan dapat menyebabkan radang pada gusi.
Penggunaan hanya dengan sikat gigi tidak dapat menjangkau bagian diatara gigi atau interdental dan proksimal, sehingga bagian tersebut sangat rentan terjadi pembentukan plak dan karang gigi yang kemudian dapat menimbulkan radang gusidan juga radang pada jaringan pendukung gigi (jaringan periodontal)
Beberapa macam alat yang dapat digunakan untuk membantu membersihkan bagian interdental gigi, seperti:
• dental floss (benang gigi)
• perio-aid,
• tusuk gigi,
• sikat interdental,
• dental tape dan
• sikat elektrik.
Benang gigi atau disebut juga dengan dental floss dan tusuk gigi adalah dua alat yang paling banyak digunakan orang karena mudah untuk didapatkan.  Penggunaan benang gigi diindikasikan pada sela gigi yang masih rapat dan gusi yang sehat.  Penggunaan pada tusuk gigi hanya disarankan untuk gigi yang mempunyai jarak, karena bila diaplikasikan pada sela gigi yang rapat dan gusi yang sehat dikhawatirkan akan merusak gigi.