Menjaga Stamina Tubuh

Menjaga Stamina TubuhPernahkah anda merasa cepat lelah atau stamina menurun?  Jangan terburu – buru mengkonsumsi minuman penambah tenaga dan stamina di pasaran.  Ada cara alami dan sehat untuk mengatasinya.
Stamina di dunia kesehatan sangat penting sekali, karena tugasnya dalam upaya meningkatkan kondisi badan yang sehat, karena relatif lebih cost effective dan membawa dampak yang bersa lagi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat
Secara definitive, stamina bisa juga sebuah kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan tugas pada pekerjaannya sehari – hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti dan masih mempunyai tenaga cadangan untuk menikmati waktu senggang dan untuk keperluan mendadak.
Oleh karena itu, meningkatkan sebuah stamina dengan mengkonsumsi suplemen tidak dianjurkan, karena organ dalam tubuh yang bekerja secara simultan belum tentu bisa cairan suplemen tersebut dan bahkan pada beberapa kasus, ditemukan pasien yang menderita gagal ginjal yang akibat sebelumnya sering mengkonsumsi minuman penambah tenaga. Tips untuk menjaga stamina tubuh secara alami:
1. Olahraga
Olahraga terutama pada jenis aerobic adalah obat yang terbaik untuk mengatasi kelelahan dan menambah energy.  Olahraga aerobic seperti bersepeda, lari dan berenang akan memperkuat jantung sehingga lebih banyak pasokan oksigen yang sampai ke seluruh tubuh.  Lebih banyaknya oksigen yang sampai ke panas lagi organ dalam dapat bekerja, sehingga dapat meningkatkan efisiensi produksi tenaga.
2. Makan sedikit yang sering
Memakan makanan dengan porsi kecil dan bergizi seimbang, tetapi sering. Memakan makanan dengan porsi yang besar dan kaya akan karbohidrat dapat menyebabkan gula darah menumpuh, dalam hal ini terjadi karena membuat lebih banyak insulin yang dikeluarkan oleh tubuh.  Pada kondisi seperti ini dapat menyebabkan terlalu banyak gula darah yang dikirim ke sel otot untuk disimpan.  Ini adalah salah satu penyebab terjadinya kelelahan.
3. Minum lebih banyak air
Kurang mengkonsumsi cairan juga menjadi penyebab kelelahan.  Bila tubuh kekurangan cairan, maka darah akan mengental yang mengakibatkan darah menjadi lambat dan butuh waktu lebih bagi sel di tubuh untuk mendapatkan oksigen.
4. Ubah rutinitas
Bila kegiatan sehari – hari dapat ditebak, maka ubahlah kebiasaan itu. Kebiasaan secara monoton dapat menyebabkan kebosanan dan dapat menguras tenaga. Anda dapat mengubah kebiasaan dengan mendengarkan jenis music baru, mengobrol dengan orang baru, tempur rute baru ke kantor.
5. Beri prioritas
Buat daftar beberapa hal yang paling penting dalam hidup apa yang ingin dilakukan. Melakukan hal yang tidak diinginkan, akan menghabiskan tenaga.
6. Istirahat sejenak
Manusia adalah makhluk yang diciptakan untuk bergerak antara menghabiskan dan meregenerasi tenaga.  Pada siklus ini berlangsung selama 90 – 120 menit, selama waktu kelelahan.  Istirahat sejenak dapat untuk memulihkan tenaga.
7. Konsumsi suplemen vitamin, mineral dan asam lemak omega 3
Menurut peneliti di New York, Amerika Serikat menyarankan asupan multivitamin dan mineral untuk pasien yang kelelahan.  Vitamin antioksidan dapat membantu tubuh menetralkan kerusakan dalam sel karena serangan radikal bebas.  Mineral dapat mendukung kinerja hati dan ginjal dalam melakukan kerja dteksifikasi tubuh.  Pada asam lemak omega 3 dapat membantu kerja setiap sel tubuh biar berjalan mulus.
Menjaga stamina dan tenaga adalah hal yang penting, tetapi lakukan dengan cara yang sehat dan alami.  Jangan mengkonsumsi minuman penambah energi yang dapat merugikan diri sendiri. Itu tadi beberapa tips menjaga stamina tubuh.  Semoga bermanfaat bagi kalian.

Incoming search terms:

  • jaga stamina tubuh