Mengenali Lebih Dekat Penyakit Leukemia

Mengenali Lebih Dekat Penyakit LeukemiaSalah satu gejala penyakit leukemia adalah perasaan lemah atau seringnya lelah yang dirasakan.  Bila anda sering kali merasakan rasa lelah yang tidak biasa, bisa jadi salah satu gejala leukemia.  Tentu saja bukan hanya lelah saja sebagai gejalanya.
Leukemia adalah salah satu jenis kanker yang kita kenal di antara jenis kanker yang mematikan. Mendengar kanker membuat merinding, karena yang terbayang adalah kematian, mengingat kanker sampai saat ini belum ditemukannya obat yang ampuh.  Walaupun sembuh dari kanker, penderita harus melalui serangkaian kemoterapi yang tentu saja menguras banyak tenaga.
Kanker leukimi dikenal juga dengan kanker sel darah putih.  Pada penyakit kanker tidak serta merta menyerang tanpa sebab yang jelas, termasuk pada penyakit kanker leukemia.  Pada sebagian penyebab kanker dapat timbul karena faktor keturunan, tetapi bisa juga karena pola hidup yang tidak sehat.  Pada kesempatan ini, saya akan membicarakan hal apa saja gejala penyakit leukemia buat kita lebih waspada.
Definisi Penyakit Leukemia
Sebelum membahas gejala leukemia, bagaimana bisa gejala penyakit leukemia menyerang kita, kita terlebih dahulu mengetahui hal ini.  Penyakit leukemia merupakan jenis kanker, yang terdiri dari kelompok penyakit yang berhubungan.
Untuk semua jenis kanker yang termasuk kanker leukemia bermula pada sel – sel yang dapat membentuk darah dan jaringan lainnya.  Untuk normalnya, sel – sel pada tubuh kita akan tumbuh dan akan membelah membentuk sel – sel baru.  Pada sel – sel baru tersebut akan tumbuh menjadi tua lalu mati, sel – sel baru tersebut mengambil alih tempat sel yang telah mati tersebut
Tetapi adakalanya pertumbuhan sel – sel pada tubuh yang normal tadi berjalan tidak dengan semestinya.  Sel – sel pada tubuh yang baru terbentuk pada saat tubuh tidak memerlukannya, sehingga sel ini tidak mati pada saat yang semestinya.  Penyakit leukemia merupakan penyakit kanker yang disebabkan oleh pertumbuhan pada sel darah yang tidak normal.
Sel darah dibentuk dalam sumsum tulang atau disebut dengan bone marrow.  Sumsum tulang ini merupakan material sangat lunak yang ada di pusat keseluruhan tulang.  Sel darah juga memiliki tingkat kematangan sendiri.  Sel darah yang belum matang disebut juga sel induk atau stem cell dan balst.
Umumnya sel darah ini tumbuh dewasa dan matang yang ada di sumsum tulang, lalu bergerak ke dalam pembuluh darah.  Sumsum tulang ini memiliki jenis yang berbeda dari sel darah, yang setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda, yaitu:
1. Sel darah putih dapat membantu terhindar dari infeksi.
2. Sel darah merah berfungsi mengangkut oksigen menuju jaringan seluruh tubuh kita.
3. Platelet berfungsi membentuk pembekuan dalam darah yang akan menjadi pengontrol bila terjadi perdarahan.
4. Ada juga sel leukemia.
Pada penderita kanker leukemia, sumsum tulang menghasilkan jumlah sel darah putih yang tidak normal bisa juga disebut dengan sel leukemia. Awalnya sel yang tidak normal ini mendesak sel darah putih, lalu sel darah merah dan platelet yang masih normal.  Terdorongnya sel darah merah dan platelet akan memperberat kinerja pada darah, yang dapat mengakibatkan kanker.
Itulah tadi beberapa gejala dasar leukemia, pengertian tentang penyakit leukemia dan metode penyerangan leukemia yang dapat anda kenali. Setelah ini akan saya akan posting beberapa gejala penyakit leukemia dan resiko pada orang yang terkena penyakit leukemia.