Mengenali Lebih Dekat Penyakit Leukemia (2)

Mengenali Lebih Dekat Penyakit LeukemiaSetelah kemarin posting mengenai gejala dasar leukemia, pengertian penyakit leukemia dan metode penyerangan leukemia, sekarang kita lanjutkan untuk mengetahui gejala penyakit leukemia, dan resiko terserangnya penyakit leukemia.
Gejala Penyakit Leukemia
Sama dengan sel darah pada keadaan normal yang berjala di tubuh, sel leukemia atau sel darah yang tidak normal akan berjalan ke seluruh tubuh. Gejala yang dirasakan tergantung pada tempat berkumpulnya jumlah sel yang tidak normal ini.  Beberapa gejala penyakit leukemia yang dialami oleh penderita, sebagai berikut:
1. Penderita atau calon penderita mengalami demam atau mengeluarkan keringat di malam hari.
2. Penderita mengalami infeksi dalam waktu yang sering.
3. Penderita mengalami perasaan lemah yang luar biasa.
4. Penderita seringkali menderita sakit kepala
5. Penderita mengalami perdarahan, dan mudah untuk mendapatkan memar seperti gusi berdarah, bintik – bintik merah dengan ukuran kecil di bawah permukaan kulit dan tanda berwarna keunguan pada permukaan kulit.
6. Penderita mengalami rasa nyeri di persendian
7. Penderita mengalami pembengkakan dan rasa tidak nyaman pada bagian perut akibat dari limpa yang membesar.
8. Penderita mengalami pembengkakan pada bagian nodus getah bening terutama pada bagian leher dan ketiak.
9. Penderita mengalami penurunan berat badan yang drastis
Bila anda merasakan salah satu gejala diatas, jangan panic karena gejala diatas belum tentu mengindikasi penyakit kanker leukemia.  Bisa saja ada permasalah pada tubuh yang lain yang juga dapat menimbulkan gejala tersebut.  Anda bisa konsultasi dengan dokter untuk mengetahui masalah tubuh anda bila terdapat gejala seperti diatas.
Tahap awal kanker leukemia kronis, sel leukemia masih dapat berfungsi secara normal.  Pada tahap awal ini, bisa saja gejala belum atau tidak terlihat untuk jangka waktu yang cukup lama.  Leukemia dapat diketahui atau terdeteksi oleh dokter saat melakukan check up.  Umumnya gejala mulai terlihat dalam batas ringan atau tidak terlalu terlihat tetapi perlahan dan berangsur – angsur akan memburuk.
Berbeda halnya bila penyakit leukemia di derita sudah memasuki tahap akut, gejala akan tampak dan akan memburuk dengan cepat.  Gejala lain dari yang disebutkan diatas untuk leukemia akut biasanya muntah, mengalami epilepsi, bingung, dan hilang kontrol otot.  Bila terdapat kejang atau epilepsi bisa jadi gejala penyakit leukemia.
Gejala terlihat bila sudah mengidap leukemia akut, adalah sel leukemia berkumpul pada buah pelir atau testikel yang dapat menyebabkan pembengkakan.  Ada beberapa pasien yang mengalami luka dan luka tersebut akan berkembang di bagian mata atau kulit.  Penyakit leukimi akut bisa juga mempengaruhi kinerja saluran pencernaan, paru – paru, ginjal dan organ lainnya.
Risiko Terserang Penyakit Leukemia
Pada penyakit kanker leukemia bisa disebabkan karena faktor keturunan, tetapi bisa juga disebabkan di luar faktor dari keturunan.  Beberapa kriteria yang beresiko dapat terjangkit penyakit leukemia.
Dari hasil penelitian ilmiah, telah merumuskan faktor resiko yang dapat memungkinkan orang akan terkena penyakit ganas ini.  Faktor resiko tersebut adalah:
1. Terpapar Radiasi yang Sangat Tinggi
Pada seseorang yang sering terpapar radiasi tinggi yang memungkinkan akan mengalami leukemia lebih cepat daripada yang tidak.  Radiasi ini disebabkan oleh ledakan bom atau terkena radiasi nuklir.
2. Bahan-bahan Kimia
Pada orang yang bekerja dengan bahan kimia terutama pada zat benzene, bila terpapar dalam tingkat tinggi dapat menyebabkan kanker leukemia. Orang yang dimaksud adalah mereka yang bekerja di industri kimia
3. Kemoterapi
Kemoterapi tidak selamanya yang dijalankan dapat membunuh sel kanker, tetapi adakalanya kemoterapi dapat menyebabkan leukemia.
4. Penyakit Genetik
Beberapa jenis penyakit turunan yang disebabkan tidak normalnya kromosom pada tubuh juga dapat menyebabkan kanker leukemia.
Itu dari beberapa informasi tentang gejala penyakit leukima dan resiko pada orang yang menderita leukemia.