Mengatasi Bibir Kering

Mengatasi Bibir KeringDi musim dingin biasanya membuat kulit menjadi lebih kering, bibir pecah – pecah dan bersisik.  Hampir setiap wanita menginginkan bibir terlihat sehat dan lembut.  Seringkali wanita mengaplikasikan pelembab bibir.
Tetapi pelembab bibir yang di pasaran bebas, biasanya mengandung banyak bahan kimia berbahaya.  Tidak tampil cantik, malah bibir terlihat lebih gelap.  Sebenarnya ada pelembab bibir alami yang dapat digunakan. Cara membuatnya pun mudah, bisa dibuat di rumah.
Mengenali penyebab bibir kering
Cuaca dingin dapat membuat bibir menjadi semakin kering.  Tetapi ada faktor lain yang membuat bibir menjadi kering.
Salah satu yang membuat bibir kering adalah dehidrasi.  Bibir kering yang dikarenakan dehidrasi tidak bisa dilembabkan dengan air liur.  Karena kandungan air liur (sebagian besar terdiri dari air, elektrolit, enzim dan komponen antibacterial) tidak dapat mengurangi penguapan kadar air pada bibir. Tetapi penyebab bibir kering adalah sebagai pertanda dari kekurangan nutrisi dan sindrom sjogren.  Sindrom ini adalah penyakit autoimun yang menyerang kelenjar penghasil kelembaban yang secara umum menyerang wanita.  Bibir kering bukan termasuk satu – satunya dari sindrom Sjogren.  Hidung, mata kering dan radang persendian juga dapat menjadi indikator.
Meskipun tidak berbahaya, bibir kering bisa menjadi parah karena kontak dengan faktor luar.  Bibir kering bisa menjadi pecah – pecah karena terkenanya sesuatu, seperti pewarna bibir, pasta gigi atau minyak dan bumbu pada makanan.  Kondisi seperti ini dapat menyebabkan dermatitis kontak, yaitu adanya radang pada kulit bibir akibat dari penetrasi substansi asing ke mulut.  Dari kondisi ini, akibatnya kulit bibir akan semakin kering dan bisa menjadi merah karena meradang.
Bibir kering dan pecah bisa juga menjadi pertanda penyakit anemia, penggunaan antibiotic yang sering dan bahkan juga sering terkena paparan sinar matahari.  Penyebab lain dari bibir kering dan pecah bisa juga kekurangan vitamin dan mineral seperti berikut:
1. Kurangnya vitamin C
2. Kurangnya vitamin E
3. Kurangnya zat besi
4. Kurangnya vitamin B terutama pada asid folik dan riboflavin
Mengatasi bibir kering secara alami.
Bibir lembab tentu akan membuat pemiliknya menjadi menarik.  Tetapi perubahan suhu yang ekstrim, memiliki kebiasaan merokok, kurang minum air putih, dan kesalahan menggunakan kosmetik juga dapat membuat bibir kering dan pecah – pecah.  Ada beberapa cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah:
1. Mentega atau minyak kelapa
Oleskan mentega atau minyak kelapa di bibir anda setiap kali terlihat kering.  Asam lemak pada mentega atau minyak kelapa dapat menyembuhkan kulit kering pada bibir dan dapat melembabkan bibir. Mentega dan minyak kelapa juga dapat membantu anda menyingkirkan warna bibir yang tampak gelap.
2. Madu
Ambil setetes madu di ujung jari anda, oleskan dan pijat bibir kering anda dengan madu.  Madu dapat melembutkan dan melembabkan bibir dan mencegahnya dari retak.
3. Lemon dan madu
Bahan ini adalah salah satu pengobatan rumahan yang paling efektif untuk mengobati bibir kering dan pecah.  Buah lemon dapat mengelupaskan kulit, membersihkan kulit, dan menghilangkan sel – sel kulit mati.  Campur perasan lemon dengan beberapa tetes madu, oleskan campuran tadi pada bibir kering dan pecah.  Sebaiknya lakukan ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
4. Tomat
Pijat bibir dengan sepotong irisan tomat.  Tomat dapat menyembuhkan masalah pada bibir kering secara alami.  Sebelum mengoleskan irisan tomat pada bibir, anda juga dapat menambahkan beberapa tetes madu pada irisan tomat tersebut.
5. Irisan mentimun
Mentimun mengandung banyak air.  Pijat bibir dengan irisan mentimun sebanyak dua kali sehari untuk mengobati bibir kering.  Mentimun kaya akan vitamin C yang dapat melembabkan bibir anda.
6. Wortel
Wortel ampuh dalam mengatasi bibir kering, membuang kulit mati, memerahkan warna bibir, dan melembabkan kulit bibir.  Untuk mengatasi bibir kering dan pecah, wortel dapat diolah menjadi jus dan masker wortel. Cara mengolahnya, ambil satu wortel segar, cuci bersih, kupas wortel tersebut dan diparut hingga halus. Saring airnya dan ambil ampasnya.  Air perasan wortel dapat diminum dan ampas wortel dapat dioleskan pada bibir yang kering dengan gerakan halus dari daerah bawah bibir menuju atas bibir.  Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang memuaskan.
7. Ekstrak lidah buaya
Selain untuk merawat kulit, ekstrak dari lidah buaya dapat dioleskan pada bibir kering dan pecah – pecah.  Ekstrak lidah buaya juga dapat membantu untuk melembabkan dan menjaga kulit tetap lembut.
8. Jeruk
Buah jeruk dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bibir kering, buah jeruk mengandung vitamin yang dapat melembutkan kulit di bibir.  Konsumsi secara langsung tanpa mengolah terlebih dahulu menjadi jus.  Buah jeruk hanya dikonsumsi 10 mg per kali berat badan.  Semisal, berat badan anda 60 kg, maka buah jeruk yang anda konsumsi cukup 10 mg x 60 kg yaitu sama dengan 6 buah jeruk setiap harinya.  Bila ingin mengkonsumsi jeruk sebagai jus, anda dapat mengkonsumsi dua gelas setiap hari sebelum dan sesudah makan.  Ambil tiga buah jeruk matang, kupas dan buang kulit dan bijinya.  Masukkan buah jeruk tersebut ke blender, tambahkan 50 ml air putih, 20 ml air gula dan 200 gr es batu.  Blender hingga halus dan saring.
9. Hindari lipstick
Lipstick dapat mengeringkan kulit bibir dan dapat membuat semakin pecah – pecah.  Bila bibir kering, hindari pemakaian lipstick atau bahan kimia lainnya seperti lip balm dan lip gloss untuk sementara waktu.
10. Minum banyak air
Dehidrasi juga dapat menyebabkan kulit bibir menjadi kering dan pecah. Minum banyak air untuk tetap terhidrasi dan air dapat menjaga kulit untuk tetap lembab.

Incoming search terms:

  • cara mengatasi pinggiran bibir yang kering
  • cara menghilangkan kering di pinggir bibir
  • cara mengatasi bibir pecah pecah akibat kena odol
  • cara mengatasi bibir pecah pecah akibat sering dioleskan dengan odol
  • cara menghilangkan pinggir bibir yang kering
  • cara meredakan bibir pinggir kering
  • es bisa membuat bibir kering?
  • kering di pinggir bibir dan perih merah
  • mengobati bibir kering pinggir