Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh

Manfaat Vitamin C Bagi TubuhVitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang dibutuhkan dan berfungsi untuk mengatur atau proses kegiatan pada tubuh.  Tanpa vitamin, manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik dan kekurangan vitamin dapat memperbesar resiko terkenanya penyakit.
Vitamin C sering dikenal dengan raja vitamin, karena vitamin C memiliki banyak manfaat.  Selain memiliki sifat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan bagi tubuh.
Vitamin C sangat dibutuhkan, terutama di kota besar.  Pada kegiatan di kota besar yang sangat sibuk dan padat seringkali menyebabkan pola hidup tidak sehat.  Pola makan tidak teratur, jenis makanan siap saji yang dikonsumsi seringkali mengakibatkan tubuh kurang mendapatkan nutrisi seimbang.  Tingkat stress yang tinggi dan radikal bebas polusi dari asap kendaraan, rokok.  Semua hal itu dapat membuat tubuh menjadi rentan terhadap berbagai macam gangguan kesehatan. Daya tahan tubuh cepat menurun dan serangan radikal bebas membuat sel tubuh rusak dan tidak mampu berfungsi dengan baik. Salah satu akibat dari radikal bebas adalah penuaan dini.
Dosis mengkonsumsi vitamin C yang ideal adalah 75 mg per hari.  Pada perempuan hamil dan ibu menyusui harus mengkonsumsi vitamin C lebih besar. Orang yang hidup dengan tingkat stress yang tinggi, dosis 500 mg adalah dosis yang cukup baik.
BERBAGAI MANFAAT VITAMIN C
1. Antioksidan terbaik
Vitamin C adalah antioksidan yang sangat penting bagi tubuh, fungsi utamanya adalah menangkap radikal bebas dan menetralisir sebelum radikal bebas itu dapat merusak sel pada tubuh.  Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air, air ada di dalam semua sel tubuh manusia.  Radikal bebas ada di seluruh tubuh, maka tubuh membutuhkan vitamin C untuk selalu siaga untuk menanganinya.
Antioksidan kuat seperti vitamin E dan enzim antioksidan seperti superoksida dismutase (SOD) dan glutathione.  Vitamin C juga diperlukan oleh enzim lain untuk mengumpulkan dan menyaring racun seperti timah dan zat polutan pada tubuh.
2. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Vitamin C sangat penting untuk sintesis kolagen.  Kolagen berbentuk serabut kuat, merupakan jaringan ikat penting untuk kulit, pembuluh darah, otot dan bagian tubuh penting lainnya.  Kekurangan vitamin C dapat melemahkan landasan struktur untuk pembuluh darah, otot jantung dan jantung.
Vitamin C memiliki peran untuk pembentukan kolagen yang merupakan faktor positif untuk mencegah serangan penyakit koroner.  Pada penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kerusakan susunan pada sel arteri sehingga dapat terisi kolesterol dan dapat menyebabkan aterosklerosis.
3. Menyembuhkan Flu Lebih Cepat dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.
Bila pada dasarnya anda sehat dan mengkonsumsi 1.000 hingga 2.000 mg ekstrak vitamin C, penyakit demam, gejala flu dan masuk angin tidak akan terlalu memperparah kondisi dan anda dapat sembuh lebih cepat.  Pada usia lanjut, semakin banyak mengkonsumsi ekstra vitamin C sangat baik bagi kesehatan.
4. Menurunkan Kadar Kolesterol
Pada penelitian menunjukkan orang yang terbiasa mengkonsumsi vitamin C dengan dosis tinggi memiliki kadar kolesterol rendah.  Mereka juga memiliki kadar kolesterol LDL rendah dan kolesterol HDL yang lebih tinggi.  Bila konsumsi vitamin C rendah, meningkatkan konsumsi vitamin c dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol total dengan meningkatkan HDL.  Bila konsumsi vitamin C telah tinggi, semisal mengkonsumsi 2.000 mg per hari, hal ini tidak berpengaruh terhadap kadar kolesterol.
Bila kadar kolesterol tinggi (> 220 mg/Dl, tetapi < 240mg/Dl), mengkonsumsi suplemen vitamin C dengan diet rendah lemak, mengubah pola makan, olahraga dan penurunan berat badan dapat menurunkan kadar kolesterol.
5. Menurunkan Tekanan Darah
Jika tekanan darah tinggi (> 140/90 mmHg) adalah faktor resiko besar untuk penyakit jantung, stroke dan gagal ginjal.  Pada penelitian menunjukkan bahwa orang degan kadar tinggi vitamin C memiliki tekanan darah lebih rendah daripada orang dengan vitamin C tingkat rendah. Perbedaannya sekitar empat poin pada diastolic (ketika jantung santai antara ketukan).  Terdengar tidak banyak, tetapi dapat menurunkan tekanan darah diastolic dengan dua titik saja, dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung sebanyak 8%.  Para lanjut usia yang biasa mengkonsumsi vitamin C dosis yang tinggi memiliki resiko lebih sedikit terkena stroke dan serangan jantung.  Bila angka tekanan darah cukup tinggi, mengkonsumsi vitamin C dan berolahraga dapat menurunkan berat badan.  Berhenti merokok dapat membantu menurunkan berat badan.
Itu tadi ada beberapa manfaat vitamin C bagi tubuh, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Incoming search terms:

  • apa kozui sliming suit mencegah masuk angin