Manfaat Tanaman Dan Minyak Cengkeh

Manfaat Tanaman Dan Minyak CengkehBicara tentang cengkeh, terselip pikiran adalah cengkeh salah satu bahan dari rokok.  Ternyata tanaman cengkeh adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat kesehatan.
Kandungan senyawa aktif pada cengkeh yang memiliki manfaat kesehatan adalah minyak asiri, asam oleanolat, eugenol, fenilin, asam galotanat, resin, karyofilin dan gom.  Kandungan utama pada cengkeh yang memberikan manfaat kesehatan adalah minyak cengkeh dengan komposisi utama antara lain caryophyllene, eugenol acetate, eugenol dan alpha humelene.
Dari data National Institute of Health, tanaman cengkeh merupakan tanaman dengan tingkat antioksidan paling tinggi dan terbukti dapat menangkal kanker.
Berikut beberapa penelitian manfaat dari tanaman dan minyak cengkeh.
Pada tahun 2011, penelitian di Sulawesi Selatan menguji aktivitas antibakteri minyak cengkeh terhadap bakteri pathogen.  Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa minyak cengkeh dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri gram positif seperti bacillus cereus dan staphylococcus aureus dan bakteri dari gram negatif seperti Escherichia coli dan Shigella sp.
Pada penelitian lain menemukan efek penghambatan minyak cengkeh terhadap aktivitas bakteri listeria monocytogenes, eschericia coli, campylobacter jejuni, staphylococcus aureus.
Pada penelitian yang diterbitkan olh J. of Stored Products Research tahun 2002 dan Food Chem tahun 2001 menyebutkan bahwa minyak cengkeh diketahui memiliki aktivitas biologi, seperti sifat antibakteri, pemberantas serangga, antioksidan dan antijamur.  Pernyataan yang sama diungkapkan oleh Meyer pada buku yang berjudul Food Chemistry bahwa minyak cengkeh yang diperoleh dari batang, bunga ataupun daun tanaman cengkeh terbukti dapat menghambat pertumbuhan organisme termasuk pada serangga, cacing, mikroba dan tanaman pengganggu lainnya.
Pada penelitian yang berbeda tentang uji senyawa kimia dan aktivitas antibakteri dari minyak esensial cengkeh yang diterbitkan oleh African Journal of Microbiology Research tahun 2008 menyatakan bahwa minyak esensial yang terkandung pada cengkeh sangat efektif dalam menghambat perkembangan Enterococcus cloacae, Candida Albicans, Escherichia Coli. Penelitian ini juga menunjukkan minyak cengkeh mengandung eugenol, caryo-phyllene, eugenol acetate.  Senyawa tersebut berperan penting sebagai antibakteri dan antijamur.
Khasiat praktis cengkeh
Tanaman cengkeh juga memiliki banyak khasiat, seperti berikut:
1. Konsumsi dua batang cengkeh dapat membantu membersihkan tubuh dari racun dan mikroba yang berbahaya.  Bila cara ini dilakukan secara teratur, dapat membantu meningkatkan kesehatan.
2. Tanaman cengkeh bisa membantu untuk melindungi kerusakan yang disebabkan oleh sel dalam tubuh dan dapat membantu merangsang produksi tenaga di semua bagian tubuh.
3. Tanaman cengkeh dapat membantu menyembuhkan sakit gigi.  Letakkan satu batang cengkeh pada gigi yang terasa sakit dan rasakan bahwa rasa sakit itu cepat hilang.  Eugenol yang terdapat pada cengkeh akan memberikan aroma segar dan membantu membersihkan bakteri pada mulut dan dapat mengatasi sakit gigi.
4. Tanaman cengkeh juga dapat digunakan untuk menolak nyamuk. Tanaman cengkeh dapat digunakan untuk mengusir nyamuk secara alami.
5. Cengkeh memiliki zat anti-peradangan yang hebat.  Gunakan tanaman cengkeh untuk mengatasi infeksi dan peradangan pada tubuh.
6. Dengan mengunyah beberapa batang cengkeh dapat mengatasi masalah pencernaan.  Tanaman cengkeh juga memiliki khasiat untuk menyehatkan sistem pencernaan.
7. Tanaman cengkeh mengandung zat pembersih, tanaman cengkeh dapat membantu untuk membersihkan darah dari zat yang berbahaya.
8. Tanaman cengkeh juga dapat membantu pria untuk masalah seksual, tanaman cengkeh bisa bekerja sebagai aphrodisiac yang membuat pria lebih bergairah dalam hal bercinta.
9. Mencampurkan cengkeh dengan teh dapat mencegah pilek atau influenza.  Cengkeh juga dapat mengatasi batuk atau radang tenggorokan.
Itu tadi beberapa manfaat tanaman dan minyak cengkeh yang ternyata dapat menangkal berbagai macam penyakit.  Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Incoming search terms:

  • khasiat minyak cengkeh untuk pria
  • kandungan senyawa aktif yang terdapat pada tanaman cengkeh
  • Minyak cengkeh untuk pria