Manfaat Susu bagi kesehatan

Manfaat Susu Bagi KesehatanTubuh manusia memanglah membutuhkan kalsium terutama pada masa-masa remaja pada saat terjadinya proses pertumbuhan dan kekuatan pada tulang.  Produk susu bagaikan peralatan penting untuk kesehatan tulang.  Semua produk susu (keju dan mentega) merupakan sumber nutrisi alami yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang, yaitu kalsium, vitamin A, fosfor, protein dan magnesium.  Tambahan pada kandungan susu diperkuat oleh vitamin D yang berguna untuk menyehatkan tulang.
Dapatkah susu membantu mengurangi berat badan?
Ya, pada penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan diet rendah kalsium memiliki resiko dua kali menjadi kelebihan berat badan bila dibandingkan dengan mereka yang melakukan diet tinggi kalsium.  Para peneliti mempercayai bahwa diet tinggi kalsium akan membantu membakar energy melalui panas, sedangkan diet rendah kalsium akan menyimpan menjadi lemak dalam tubuh. Pada penelitian yang lain menyebutkan bahwa ketika orang yang mendapatkan tambahan kalsium melalui mentega dan keju, berat badan akan berkurang bila dibandingkan dengan orang yang mendapatkan kalsium dari suplemen.
Dapatkah susu membantu menurunkan tekanan darah?
Pada penelitian menyebutkan bahwa sedikit perubahan dari kebiasaan makan, termasuk didalamnya menghidangkan tiga hingga empat produk susu dan 8-10 buah-buahan dan sayuran akan membantu menurunkan tekanan darah.  Pada penelitian ini, ketika susu ditambahkan dalam diet tinggi buah-buahan dan sayuran maka akan menurunkan tekanan darah sebanyak dua kali jika dibandingkan dengan diet tinggi buah-buahan dan sayuran.  Nutrisi seperti kalium, kalsium dan magnesium yang terdapat pada produk susu, buah-buahan dan sayuran berkaitan dengan tekanan darah yang sehat.
Apakah produk susu baik untuk jantung?
Beberapa pendapat orang mengatakan salah, untuk melindungi jantung mereka, mereka menghindari mengkonsumsi mentega dan keju dalam diet.
Pada penelitian mengatakan bahwa didalam susu terkandung beberapa substansi yang justru berguna untuk jantung.  Asupan tinggi kalsium dipercaya dapat melindungi dari penyakit jantung. Diet tinggi pada produk susu dan buah-buahan dan sayuran dapat menurunkan tekanan darah juga mengurangi jumlah substansi yang bernama hemosistein pada darah.  Kadar hemosistein yang tinggi pada darah juga tekanan darah yang tinggi merupakan faktor resiko tinggi terjadinya penyakit jantung koroner.
Begitu pula dengan tingginya kadar kolesterol pada darah juga merupakan faktor resiko tinggi penyakit jantung.  Minum produk susu fermentasi secara rutin seperti yoghurt yang mengandung bakteri yang sehat untuk jantung seperti lactobacillus acidophilus yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Conjugate Linoleac Acid (CLA) adalah tipe lemak yang terkadung dalam susu akan membuat jantung tetap sehat dengan cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Apakah susu dapat mencegah stroke?
Terdapat bukti kuat bahwa kalsium yang terkandung pada produk susu, tetapi bukan dari non-produk susu dapat menurunkan resiko terjadinya stroke hingga 50%.  Para peneliti saat ini mencoba untuk menentukan apakah hal itu disebabkan karena kalsiumnya sendiri, substansi lain yang terkadung dalam susu atau bahkan pada perilaku menyehatkan yang berkaitan dengan kebiasaan minum susu.
Apakah dengan minum susu dapat melindungi dari beberapa tipe kanker?
CLA (Conjugated Linoleac Acid) yang merupakan tipe lemak yang terkadung dalam susu dapat melindungi kita dari kanker kolon dan kanker payudara.  Substansi lain dalam susu seperti sfingomielin dan asam butirik juga berpotensi sebagai agen anti kanker.  Banyak penelitian yang mengatakan bahwa wanita yang banyak meminum susu, terbukti memiliki angka yang rendah terhadap penyakit kanker payudara.  Pada penelitian lain membuktikan bahwa wanita yang banyak mengkonsumsi produk susu dengan teratur, terbukti memiliki angka yang rendah terhadap kanker ovarium.  Hingga saat ini, penelitian terhadap susu yang dapat menurunkan resiko terhadap penyakit kanker terus dilakukan.
Apakah kalsium dalam susu dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal?
Tidak, asupan tinggi kalsium terdapat dari makanan menurunkan resiko terjadinya batu ginjal, tetapi asupan kalsium tinggi yang didapat dari suplemen justru meningkatkan resiko.
Apakah susu dapat mencegah gigi berlubang?
Ya, pada penelitia dibuktikan bahwa dengan meminum susu dengan teratur dapat mencegah hancurnya enamel yang terdapat pada gigi kita dan bahkan dapat membantu membangun kembali enamel yang rusak.

Incoming search terms:

  • susu slim suil