Manfaat Kolesterol Bagi Tubuh

Manfaat Kolesterol Bagi TubuhKolesterol termasuk keluarga lemak, dan ini merupakan salah satu komponen lemak.  Kehadiran lemak dalam tubuh kita memiliki fungsi sebagai zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh disamping zat gizi lain seperti karbohidrat, vitamin, protein dan mineral. Lemak adalah cadangan energi yang memberikan kontribusi kalori paling tinggi. Sering kali kolesterol menjadi menakutkan dan kerap dibicarakan sebagai sumber masalah kesehatan. Bila demikian, anda tidak bisa mengartikan bahwa kolesterol tidak berfungsi bagi tubuh.

Pada berbagai proses metabolisme tubuh, kolesterol mempunyai peran penting, yaitu:

  1. Proses pembentukan sel-sel pada tubuh, lemak berperan sebagai pembentuk dinding-dinding sel. Lemak dibutuhkan untuk bahan dasar pembentukan hormon steroid.
  2. Membuat asam empedu untuk proses emulsi lemak. Lemak dibutuhkan untuk membuat vitamin D dan berperan sebagai bahan untuk membuat hormon-hormon sex dan kortikosteroid.

Kolesterol sebenarnya merupakan lemak yang tidak terlalu larut di dalam darah. Karena sifatnya yang tidak terlalu larut dalam darah, maka kolesterol membutuhkan bantuan untuk dapat beredar dalam pembuluh darah pada tubuh. Liporprotein adalah ‘kendaraan’ yang membantu kolesterol untuk beredar di dalam pembuluh darah pada tubuh.

Di dalam hati kolesterol diproduksi sekitar 1gr/hari begitu juga usus halus kemudian beredar didalam peredaran darah. Kandungan dalam darah, kolesterol terikat oleh zat lipoprotein, zat ini terdiri dari:

  1. Kilomikron – Kilomikron adalah zat yang memiliki fungsi membawa energi dalam bentuk lemak ke otot.
  2. Very Low Density Lipoprotein (VLDL) – zat yang berfungsi membawa kolesterol yang telah dikeluarkan oleh hati ke jaringan otot untuk disimpan sebagai cadangan energi.
  3. Low Density Lipoprotein (LDL)
  4. Intermediate Low Density Lipoprotein (ILDL)
  5. High Density Lipoprotein (HDL)

Namun, dalam menjalankan fungsi kolesterol yang memiliki kepadatan protein lebih rendah (VLDL, ILDL, LDL) mudah sekali menempel pada dinding pembuluh darah koroner sehingga menimbulkan plak ( timbunan lemak pada dinding pembuluh dara yang disebut juga dengan plak aterosklerosis). Bila pembuluh darah tersumbat oleh timbunan lemak, maka dampak jeleknya adalah stroke, serangan jantung dan lainnya yang mengakibatkan fatal pada tubuh manusia. Karena itu LDL dikenal sebagai sebutan kolesterol jahat.

HDL bersifat menangkap kolesterol yang sedang dalam keadaan bebasi di pembuluh darah yang kemudian terbawa ke dalam hati untuk diproses lebih lanjut. HDL akrab disebut dengan kolesterol baik.

Kolesterol yang kita butuhkan tersebut pada keadaan normal diproduksi sendiri oleh tubuh dengan jumlah yang tepat. Akan tetapi, seiring dengan pola makan kita yang sembarangan, jumlah
kolesterol menjadi berlebihan dan jauh dari yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jadi , bahwa kolesterol dengan jumlah yang tepat berguna untuk tubuh, dan kolesterol dalam jumlah yang berlebihan akan menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit seperti
aterosklerosis, stroke, dll.