Manfaat Facial Bagi Kecantikan Dan Kesehatan Kulit

Manfaat Facial Bagi Kecantikan Dan Kesehatan KulitMemiliki kulit putih dan bersih adalah impian semua orang.  Flek di wajah, pori – pori besar, kulit kusam dan jerawat adalah sebagian masalah kulit yang sering dialami oleh wanita ataupun pria dengan berbagai usia, baik remaja ataupun dewasa.
Kulit mempunyai kemampuan yang luar biasa untuk meregenerasi.  Kulit terdiri dari dua lapisan, yaitu epidermis (lapisan permukaan) dan dermis (lapisan dalam).  Ada pula lapisan pada kulit lainnya yang terletak diantara dua lapisan tersebut.  Khususnya, strata basale dan strata spinosum dari lapisan kulit epidermis yang secara khusus bertanggung jawab untuk regenerasi pada kulit.  Sel kulit mengalami peremajaan setiap saat dan muncul ke atas lapisan epidermis pada kulit.  Kulit pada usia remaja dan muda akan mengalamai proses regerasi setiap dua hingga tiga minggu pada lapisan kulit epidermis.  Pada usia di atas 30 tahunan, proses regenerasi pada kulit akan berjalan lebih lambat sehingga membutuhkan krim tertentu untuk mempercepat proses pengelupasan.
Kotoran dan kulit mati yang menempel di atas lapisan kulit bila dibiarkan dan hanya dibersihkan dengan cara cuci muka ataupun hanya memakai sabun, kemungkinan besar masih akan tertinggal di permukaan, bila di biarkan terlalu lama dapat menghambat proses dari penggantian kulit baru. Tidak heran bila kotoran di permukaan tersebut dibiarkan terlalu lama maka kulit wajah tampak kusam dan timbul jerawat dan dapat menyebabkan flek.
Persoalan yang baru akan timbul bila anda keliru untuk memilih produk perawatn wajah.  Bukannya mendapatkan kulit yang cerah dan bebas dari kuman, malah memilih produk yang dapat berbahaya bagi kulit sehingga kondisinya menjadi lebih parah.  Pada kasus seperti ini sering terjadi di masyarakat dengan maraknya produk krim pemutih dan krim pencerah yang mengandung merkuri.  Sering kali kita melihat pada remaja usia 20 tahun memiliki kulit yang belang dan melepuh, jerawat yang merajalela akibat dari keracunan dari kosmetik yang keliru.
Facial wajah sebagai langkah preventif
Sangat penting untuk dilakukan secara rutin minimal dua minggu sekali. Komedo, kulit mati dan kotoran yang tertinggal di wajah akan terbuang ketika facial.  Sehingga bila facial dijadikan aktivitas rutin dapat membuat kulit menjadi bersih, bebas jerawat dan komedo dan bebas dari kusam sehingga dengan cara ini anda tidak butuh krim pencerah atau penghilang flek lagi.  Dengan cara ini pula anda telah meminimalkan kesalahan dala memilih suatu produk krim yang ada di pasaran yang banyak mengandung zat yang berbahaya bagi kulit.  Facial merupakan salah satu investasi bagi kesehatan kulit wajah anda dalam jangka panjang.
Facial wajah mempercepat proses perawatan wajah
Manfaat lain dari facial juga dapat membantu proses pada penyembuhan jerawat, kulit kusam, komedo bahkan flek hitam.  Dengan cara facial, kotoran penyumbat jerawat akan ikut terkikis, kulit kusam dan flek hitam akan terbantu dengan facial karena tumpukan pada kulit mati akan ikut terbuang sehingga proses regenerasi pada kulit kembali berjalan normal. Pijatan lembut ketika melakukan facial dan memakai masker juga dapat membantu pengeluaran komedo.  Memencet komedo dengan sembarangan dapat membuat produksi minyak semakin meningkat dan pori – pori pada kulit wajah akan membesar.  Sebaiknya untuk menghilangkan komedo lakukan facial dengan teratur.
Itu tadi beberapa manfaat dari facial wajah, sebaiknya anda melakukannya dengan rutin, baik menggunakan cara facial wajah sendiri dengan bahan alami (buah – buahan) ataupun dengan facial khusus di salon kecantikan. Anda dapat memulai sekarang kegiatan facial sebagai kegiatan rutin, jangan biarkan kulit wajah anda menderita karena jarang melakukan perawatan facial.  Bila dibiarkan kotor dan menumpuknya kulit mati, permasalah kulit di kemudian hari akan semakin besar dan lebih mahal biaya perawatannya.