Manfaat Daging Sapi Bagi Kesehatan

Manfaat Daging Sapi Bagi KesehatanPada daging sapi, sering kali dianggap sebagai pemicu penyakit jantung karena dianggap mengandung kolesterol tinggi.  Pada penelitian di Zurich menyebutkan bahwa ternyata daging sapi yang kaya akan niasin dapat memperpanjang usia.  Penelitian tersebut di lakukan oleh Professor Michael Ristow yang menjelaskan bahwa makanan yang kaya akan kandungan niasin (dikenal dengan vitamin B3) seperti pada daging sapi dapat memperpanjang usia seseorang.
Professor Ristow membuktikan dengan melakukan penelitian pada beberapa ekor cacing gelang.  Cacing gelang dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok cacing gelang diberi makanan mengandung niasin lebih banyak, sementara cacing pada kelompok lain tidak diberi makanan mengandung niasin.  Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan, bahwa kelompok cacing gelang yang diberi makanan kaya akan niasin ternyata memiliki waktu hidup lebih lama dibandingkan dengan cacing gelang yang tidak diberi makanan niasin.
Walaupun pada penelitian tersebut menggunakan cacing gelang sebagai objek penelitian, hasilnya juga bisa diterapkan pada manusia. Karena manusia dan cacing gelang memiliki jalur metabolisme yang sama. Pada penelitian lain, kandungan niasin juga baik bagi orang yang menderita kolesterol tinggi.
Kandungan manfaat dalam daging sapi
Daging sapi memiliki kandungan gizi yang beragam dan bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti omega-3, zat besi, vitamin D, vitamin B kompleks, protein, selenium dan masih banyak lagi.
Berikut ini ada beberapa manfaat kesehatan yang dapat anda konsumsi dari daging merah.
1. Protein
Kandungan protein adalah nutrisi utama yang ada pada daging merah. Otot dan hormon yang sehat adalah manfaat utama dari terpenuhinya kebutuhan protein anda.
2. Vitamin B12
Bahan dari makanan hewani adalah salah satu sumber dari vitamin B12. Vitamin B12 baik untuk kesehatan darah dan sistem saraf manusia.  Bila kurang konsumsi vitamin B12 terutama pada ibu hamil dapat menyebabkan pertumbuhan bayi menjadi buruk.
3. Asam linoleat
Daging sapi dan domba mengandung asam linoleat.  Kandungan ini kaya akan zat antioksidan dan anti karsinogen yang dapat menangkal berbagai macam jenis kanker.
4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Kandungan zinc yang ada pada daging merah memiliki manfaat untuk memperkuat sistem kekebalan bagi tubuh manusia.  Kandungan seng juga dapat meminimalkan efek dari penuaan dini.
5. Asam lemak omega 3
Asam eicosapentaenoic atau EPA merupakan lemak omega-3 yang terdapat pada daging sapi dan ikan.  Asam lemak ini dapat meningkatkan kesehatan emosional, kemampuan kognitif dan kesehatan umum lainnya.
Cara sehat mengkonsumsi daging sapi
Konsumsi daging sapi secara sehat tergantung dari cara mengolahnya, selain kualitas dari daging sapi itu sendiri.  Daging sapi memang mengandung banyak lemak, tetapi bisa diatasi dengan memisahkannya dari daging sapi tersebut.  Ada beberapa hal yang dapat anda perhatikan saat mengkonsumsi daging sapi biar tidak memiliki efek buruk bagi kesehatan.
1. Memisahkan lemak
Lemak umumnya menempel pada daging sapi, sebaiknya anda memisahkannya supaya menjadi daging sapi yang sehat.  Cara memisahkan lemak dari daging sapi ini cukup mudah, cukup dengan memisahkan bagian luar daging yang berwarna putih (lemak). J angan memotong bagian putih daging dalam daging, karena akan membuat potongan daging menjadi lebih kecil dan tidak sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.  Lemak pada daging yang sedikit ini akan meleleh ketika dipanaskan.  Sedikit lemak pada daging sapi akan membuat cita rasa menjadi gurih.
2. Cara Memasak
Daging sapi sehat dan aman untuk dikonsumsi sangat berkaitan dengan cara memasak anda.  Bila memasak dengan cara yang benar dan sehat, makanan yang dihasilkan akan sehat juga.  Untuk mengkonsumsi daging sapi sehat, gunakan sedikit minyak dan mentega karena dua bahan ini akan menambah lemak.  Sebaiknya gunakan cara memasak seperti direbus, dikukus, dipanggang, steam atau dengan cara lain yang tidak terlalu banyak menggunakan minyak atau mentega.  Dengan cara seperti itu, daging sapi olahan akan tetap sehat untuk dikonsumsi.
3. Memilih Potongan Daging Sapi
Daging sapi memang mengandung lemak, tetapi hanya beberapa bagian saja.  Untuk daging sapi yang sedikit lemak adalah daging sapi yang berwarna merah, seperti fillet, has atau tenderloin.  Daging sapi yang berwarna merah kaya akan zat besi, protein, seng, selenium dan asam lemak yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.  Sebaiknya hindari konsumsi daging sapi pada bagian yang mengandung banyak lemak, seperti kulit, iga dan jeroan.
4. Gunakan Rendah Sodium
Kandungan sodium terdapat pada garam, sodium tidak boleh terlalu banyak saat mengolah daging sapi karena bila menggunakan sodium untuk bumbu daging sapi terlalu banyak dapat meningkatkan aliran dan tekanan darah yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.  Gunakan bumbu herbal, rempah – rempah atau jeruk yang bisa membuat aroma olahan daging sapi semakin menggoda.