Manfaat Cuka Apel Bagi Manusia

Manfaat Cuka Apel Bagi ManusiaBeberapa tahun lalu, cuka apel dianggap remeh oleh masyarakat karena tidak banyak orang yang mengetahui manfaat dari cuka apel. Tetapi belakangan ini, cuka apel menjadi salah satu minuman kesukaan yang memiliki banyak manfaat.
Terbuat dari sari buah apel yang telah difermentasi yang memiliki rasa yang agak asam dan umumnya digunakan sebagai salah satu minuman diet karena dapat mengontrol kadar kolesterol.
Meski saat ini tersedia cuka apel dalam bentuk pil, disarankan bagi andan tetap memilih cuka dengan jenis cair. Apa saja manfaat dari cuka apel ini?
1. Mencegah jerawat
Jerawat? Anda dapat mengatasi jerawat dengan cuka apel.  Cara perawatannya dengan membubuhkan sedikit di kapas dan kemudian oleskan pada kulit secara menyeluruh.  Diamkan sejenak selama 10 menit dan pakai secara rutin setiap hari.
2. Menyembuhkan alergi kulit
Cuka apel dapat meningkatkan sirkulasi dalam darah yang berguna mencegah pertumbuhan jamur pada kulit dan kuku.  Cuka apel juga bersifat sebagai antiseptik sehingga mencegah penyebaran alergi pada kulit atau infeksi, dapat melarutkan lemak berlebih pada permukaan kulit dan mengurangi kondisi pengelupasan.
3. Sebagai toner kulit
Cuka apel dapat berfungsi sebagai toner.  Campurkan dengan air dan kocok sejenak, usapkan pada kulit menggunakan kapas.
4. Mencegah ketombe
Para penelitian menemukan bahwa cuka apel dapat menghancurkan jamur Malassezia furfur adalah bakteri yang umumnya menyebabkan ketombe.  Cuka apel dapat mengembalikan keseimbangan PH pada kulit kepala.  Cara perawatannya adalah dengan mencampurkan cuka apel dengan air kemudian usapkan pada seluruh daerah rambut setelah keramas.  Sebaiknya digunakan dua hingga tiga kali seminggu.
5. Mengurangi bau badan
Cuka apel juga berfungsi sebagai deodorant alami untuk tubuh dan kaki.  Dapat membantu menyesuaikan tingkat PH pada kulit dan membasmi bakteri penyebab bau.  Oleskan pada daerah tubuh yang menimbulkan bau, bilas sampai bersih.
6. Mengurangi nafsu makan
Cuka apel dapat digunakan sebagai pembantu program diet dengan cara ditambahkan pada segelas air yang berfungsi dapat membantu mengurangi nafsu makan.  Senyawa serat / pektin pada cuka apel akan mengembang di dalam apel yang dapat menyebabkan penurunan nafsu makan.  Cuka apel juga berguna sebagai detoksifikasi hati.
7. Cuka apel dapat meningkatkan metabolisme bagi tubuh.
Asam asetat pada cuka apel dapat membantu penyerapan zat besi yang mengarah pada pemanfaatan oksigen lebih maksimal.  Jadi asam ini dapat membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik.
Meski cuka apel telah terbukti dapat berguna bagi manusia, tetapi menggunakan cuka apel sebaiknya tidak terlalu berlebihan.  Karena kadar asam yang tinggi pada cuka apel dapat mengakibatkan beberapa masalah bagi tubuh, antara lain:
1. Dapat menurunkan tingkat kalium dalam darah, sehingga dapat mengurangi kepadatan dari tulang.
2. Bila terkena langsung dengan mulut, cuka apel dapat mempengaruhi kepadatan enamel pada gigi.  Sebaiknya selalu mengkonsumsi cuka apel yang dicampur dengan air.
3. Bagi yang menderita osteoporosis, sebaiknya tidak mengkonsumsi cuka apel.  Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.
4. Cuka apel dapat menyebabkan ruam atau rasa panas, iritasi bila digunakan secara langsung.
5. Bila sedang hamil, tidak disarankan untuk mengkonsumsi cuka apel.
Itulah tadi beberapa manfaat dari cuka sari apel, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin menjaga tubuh dengan baik.