Manfaat Buah Markisa

Manfaat Buah MarkisaTubuh memang sangat membutuhkan vitamin, karena tubuh tidak bisa mengeluarkan vitamin.  Oleh karena itu, kita bisa mendapatkan vitamin dari buah – buahan.  Passiflora edulis atau biasa dikenal dengan nama markisa merupakan buah asli dari Amerika Selatan.  Ciri dari buah markisa adalah kulitnya yang berwarna ungu gelap atau kuning cerah dan memiliki rasa yang unik dan menyegarkan.
Buah markisa umumnya dibuat jus atau sering dibuat sebagai bahan campuran minuman lain biar rasa minuman yang dicampur dengan markisa tersebut memiliki rasa yang unik.  Markisa juga dapat digunakan sebagai selai. Buah markisa memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Inilah beberapa manfaat dari buah markisa bagi kesehatan tubuh anda.
1. Buah markisa memiliki banyak serat yang dapat memenuhi kesehatan, selain itu buah markisa memiliki fungsi untuk kesehatan pencernaan.  Biji pada buah markisa bisa juga dikonsumsi karena mengandung serat.  Bagi anda yang mengalami sembelit, anda dapat mengkonsumsi buah markisa sebagai pelancar pencernaan.
2. Buah markisa kaya akan antioksidan, kandungan ini dapat dilihat dari wana kulit buah markisa yang mencolok.  Antioksidan dapat mencegah sel – sel yang dapat mengakibatkan kanker pada tubuh.  Buah markisa memiliki air dan antioksidan yang larut dalam lemak, salah satu antioksidan yang utama ditemukan pada buah markisa adalah beta karoten.
3. Buah markisa dapat dikonsumsi bagi penderita asma.  Buah markisa dapat menenangkan serangan asma pada tubuh.  Kandungan pada buah markisa selain vitamin C, dapat memiliki efek untuk menangkal histamine yang dapat menyebabkan gejala asma.
4. Buah markisa memiliki efek relaksasi bagi anda yang penat menjalani seharian kerja dan melakukan rutinitas yang dapat menyebabkan lelah. Anda dapat mencoba meminum jus markisa, karena jus markisa dapat membuat saraf – saraf dan pikiran menjadi lebih tenang dan rileks untuk melakukan aktifitas.
5. Buah markisa sangat baik bagi penderita insomnia, buah markisa telah terbukti dapat membuat efek mengantuk pada sistem saraf sehingga membuat persaan menjadi lebih tenang dan rileks.  Bagi anda penderita insomnia bisa mencoba membuat jus markisa sebelum tidur.
6. Buah markisa merupakan sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan, satu porsi buah markisa 100 gram mengandung 30 mg vitamin C.  Vitamin C merupakan antioksidan yang berguna untuk meningkatkan kekebalan pada tubuh.  Satu porsi buah markisa (100 gram) mengandung 1275 IU vitamin A.  Vitamin A sangat baik untuk penglihatan mata dan dapat membantu melawan infeksi dan juga dapat membuat kulit sehat dan cerah dan membantu pertumbuhan sel.  Buah markisa mengandung kalium sekitar 348 mg per 100 gram. Kalium adalah mineral yang sangat baik bagi kesehatan jantung dan membantu fungsi jantung, aliran dan tekanan darah pada tubuh. Buah markisa juga mengandung magnesium, kalsium, dan zat besi.
7. Buah markisa sangat baik untuk dikonsumsi bagi pelaku diet.  Buah markisa memiliki rendah kalori, kalori pada buah markisa hanya 97 kalori per 100 gram.  Buah markisa juga rendah sidium dan lemak.  Buah markisa mengandung karbohidrat dan gula alami dengan jumlah yang baik.  Nutrisi pada buah markisa juga dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Buah markisa mengandung serat yang tinggi yang dapat membuat perut kita kenyang.  Manfaat kesehatan dari buah markisa ini dengan mengkonsumsi buah markisa sebagai sumber nutrisi dengan cara mencampurkan dengan bahan makanan lain atau bisa juga dengan langsung di makan.
Itu tadi beberapa manfaat dari buah markisa yang dapat menyehatkan tubuh anda, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.