Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Delima Untuk KesehatanBuah delima atau disebut dengan Punica Granatum adalah buah yang berbentuk bulat dengan biji yang berwarna merah.  Buah delima merupakan buah asli Asia Tenggara yang populer di seluruh dunia karena memiliki kandungan gizi yang baik.
Meski umumnya buah ini bewarna merah, tetapi ada juga yang berwarna kuning.  Delima memiliki 750 spesies yang dapat dimakan dan di buat jus.  Delima dikenal dengan buah super karena kaya akan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh.
Beberapa manfaat kesehatan dari buah delima yang salah satunya adalah sumber antioksidan yang dapat membantu radikal bebas dalam tubuh, dapat memperbaiki sel-sel yang rusak.  Beberapa manfaat dari buah delima, antara lain:
Manfaat penting buah delima adalah buah yang merupakan sumber nutrisi yang banyak seperti kalium, kalsium, vitamin C, B komplek dan K, fosfor, asam folat, protein, dan zat besi. Buah delima kaya akan serat makanan, seng, karbohidrat, dan magnesium.
Manfaat buah delima dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan penyakit.
Pada jus delima juga memiliki banyak manfaat kesehatan, jus delima dapat mengurangi gejala diare dan meredakan nyeri yang disebabkan oleh diare. Sebaiknya konsumsi secukupnya, karena dapat menyebabkan sembelit.
Jus buah delima sangat baik untuk tekanan darah dan baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Jus delima dapat mencegah pembekuan darah dan pengerasan arteri.  Mengkonsumsi dengan teratur akan menjaga dari serangan jantung dan stroke.
Memijat gigi dan gusi dengan miyak biji delima dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit gigi dan gusi seperti penyakit karies gigi, radang gusi dan plak.  Kandungan pada buah delima kaya akan vitamin C yang dapat mencegah gejala dan terjadinya penyakit kudis seperti gusi berdarah dan gigi longgar.
Mengkonsumsi jus delima setiap hari dapat meningkatkan kesehatan gigi, karang gigi, sakit gigi, dan mengusir plak gigi, dll. Buah delima membantu dalam mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan memicu produksi kolesterol baik (HDL). Salah satu manfaat utama bagi wanita adalah buah delima dapat mempertahankan tingkat esterogen dalam tubuh.  Dalam hal ini membantu memerangi tanda-tanda PMS dan menopause.  Pada kulit buah delima memiliki sifat anti penuaan dan baik untuk mengurangi keriput, kulit kendor dan kusam.  Memakai jus langsung ke kulit atau dengan mencampurkan dengan pelembab dapat membuat kulit menjadi lebih segar dan sehat.  Biji buah delima juga efektif dalam mencegah kanker.  Biji buah delima kaya akan phytochemical disebut sebagai polifenol (anthocyanin, tannin dan quercetin). Kandungan ini memperlambat pertumbuhan sel kanker.
Itulah tadi beberapa manfaat buah delima bagi kesehatan.  Beberapa orang kemungkinan akan mengalami reaksi alergi terhadap buah delima, tetapi hal ini sangat jarang terjadi.