Manfaat Buah dan Sayur Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Dan Sayur Bagi KesehatanBuah dan sayur mempunyai banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Salah satu cara pemanfaatan buah – buahan atau sayuran adalah dengan mengolah menjadi jus.  Karena jus sangat menyegarkan, membuat jus dari buah dan sayur dapat menghindari kebosanan yang umumnya buah dikonsumsi dalam keadaan segar dan sayuran di konsumsi setelah diolah menjadi masakan.
Buah dan sayur mengandung banyak mikronutrien seperti mineral, vitamin dan antioksidan yang dapat membantu tubuh untuk selalu menjaga daya tahan terhadap berbagai macam penyakit dan menjadi pelarut terbaik terhadap lemak jenuh tubuh dan juga penyerang terbaik terhadap sel kanker dalam tubuh.
Buah dan sayur mengandung banyak serat yang dapat menghilangkan racun dan menurunkan kadar kolesterol.  Jus sayur dan buah untuk diet mampu digunakan sebagai bagian dari program detoks untuk membantu pembersihan dan peremajaan sistem pada tubuh.  Diet jus sayur dan buah dilakukan dengan berbagai cara dan alasan yang berbeda tetapi tetap satu tujuan yaitu meremajakan sel dalam tubuh, membuat lebih sehat dan membuat selalu awet muda, kencang dan hidup lebih lama.
Untuk membantu memilih jus sesuai dengan yang anda butuhkan, berikut beberapa variasi yang bisa menjadi pilihan anda.
Para ahli naturopati telah menggunakan jus sayur dan buah untuk mengatasi berbagai jenis gangguan penyakit selama berabad – abad.  Jus segar yang mengandung vitamin, mineral dan enzim alami yang jauh lebih baik daripada tablet multivitamin sintesis.  Nutrisi di dalamnya juga lebih mudah diserap dalam aliran darah dan dalam waktu 10 menit dapat menutrisi sel – sel dalam tubuh.
1. Defisiensi zat besi
Jus bayam, wortel, bit, apel, dan lemon dapat menutupi kekurangan zat besi dan memperkaya dan meningkatkan volume darah dalam tubuh.  Buah ini dapat dipadukan menjadi jus campuran atau dapat dibuat secara terpisah sesuai dengan selera masing – masing.
2. Radang sendi
Jus bawang putih, pare, sitrun dan jeruk limau dipercaya dapat meredakan gejala radang sendi.
3. Heartburn (rasa terbakar di dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan)
Pencampuran antara ketimun, wortel dan bit efektif meredakan heartburn.
4. Diabetes
Jus pare dipercaya telah terbukti efektif untuk menetralkan diabetes. Segelas penuh jus pare segar dapat menurunkan kadar gula darah, memperlancar sistem pencernaan dan meredakan konstipasi. Mengkonsumsi jus pare ini sebaiknya diteruskan untuk beberapa waktu tetapi tetap dengan memeriksa kadar gula secara rutin.  Jumlah jus tergantung pada keperluan masing – masing dan jumlahnya dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan selera.
5. Jerawat
Untuk mengatasi masalah jerawat, anda sebaiknya mengkonsumsi jus limau, pepaya, pear dan ketimun.
6. Asma
Bila menderita asma, jus lemon, nanas, persik, wortel, aprikot, bit dan seledri dapat meringankan asma anda.
7. Obesitas
Untuk penderita obesitas, anda dapat mencoba jus jeruk, chery, anggur, lemon, pepaya, tomat, bit , selada, bayam, kol, wortel, dan nanas.
8. Mengontrol gejala-gejala menopause
Jus selada, lobak dan wortel terbukti dapat meredakan gejala menopause. Selain jus tersebut, jus ketimun atau delima juga bisa dikombinasi dengan jus wortel dan jus bit.
9. Detoksifikasi
Jus wheatgrass juga terbukti memiliki manfaat untuk membersihkan sistem limpa, mengembalikan keseimbangan tubuh, membentuk darah, mengeluarkan logam beracun dari sel, menutrisi liver dan ginjal dan mengembalikan vitalitas.  Jus ini merupakan agen detoksifikasi yang jauh lebih kuat daripada jus selada, seledri, wortel dengan jumlah yang sama.
Itu tadi beberapa manfaat dari buah dan sayur yang terbukti dapat menyehatkan tubuh.  Semoga bermanfaat bagi anda.