Manfaat Betakaroten Bagi Kesehatan

Manfaat Betakaroten Bagi KesehatanPerubahan pada gaya hidup dan selera makan, seringkali tanpa disadari menimbulkan dampak negatif yang dengan perlahan baru dirasakan. Menurut data statistic dari sejumlah jurnal kedokteran mengatakan, kecenderungan terkena kanker lebih tinggi pada kelompok yang banyak memakan makanan awetan yang banyak mengandung bahan tambahan daripada dengan yang memakan bahan segar alami.
Beberapa pusat riset ilmiah mulai menoleh pada potensi alam yang dimana didapatkan bahan sumber makanan yang segar dengan resiko terkena penyakig degenerative dan karsinogenik yang sangat minimal dan bahkan dapat diabaikan.
Pada penelitian di Eropa dan Amerika kembali marak berebut tempat paling terdepan.  Di barat akhir – akhir ini meneliti dan menguji fungsi beberapa jenis senyawa yang bermanfaat pada makanan segar tersebut seperti vitamin C, betakaroten dan Vitamin E yang akan di jelaskan pada artikel ini.
1. Proteksi seluler
Betakaroten merupakan unsure sangat potensial dan penting bagi tubuh. Unsur ini merupakan senyawa kimia yang terlibat dalam berbagai reaksi kimiawi fisiologik dalam rangkaian metabolisme.  Berbagai reaksi tingkat seluler yang banyak melibatkan senyawa yang banyak ditemukan pada sebagian besar sayuran dan buah ini.
Umumnya, sayuran berwarna hijau tua, seperti bayam, daun ubi jalar, wortel dan brokoli mengandung banyak betakaroten.  Pada buah, seperti alpukat, semangka, mangga dan melon cukup banyak mengandung betakaroten juga.
Betakaroten sesungguhnya merupakan provitamin A yaitu sumber penting bagi vitamin A.  Pada saluran pencernaan, khususnya pada usus halus, betakaroten mengalami penyerapan yang kemudian disimpan pada sel hati. Di sel hati, betakaroten akan diubah menjadi vitamin A dan siap digunakan kalau dibutuhkan untuk berbagai reaksi metabolisme.
Ahli nutrisi merekomendasikan, tubuh membutuhkan betakaroten setidaknya 5 – 6 mg setiap hari.  Seperti vitamin yang lain, meski dengan jumlah yang sedikit, sangat diperlukan sehingga bila tidak terpenuhi kebutuhannya, dapat menimbulkan gangguan fungsi vital pada tubuh.
Pada hasil penelitian, betakaroten sangat memiliki manfaat untuk menghambat kanker, terutama pada kanker saluran perpasan, saluran pencernaan dan pada sebagian jenis kanker serviks.  Betakaroten juga dapat berfungsi sebagai penangkal radikal bebas karena kandungan antioksidan yang terdapat di betakaroten.
Radikal bebas adalah senyawa yang dapat merusak sel, dan bahkan dapat memicu timbulnya kelainann pada tingkat sel yang selanjutnya yang berubah menjadi prekanker.  Betakaroten memberikan perlindungan pada tingkat seluler yang dimana DNA merupakan suatu inti genetik, pembawa sifat keturunan yang di proteksi terhadap berbagai macam gangguan bahan asing yang mengacaukan kode genetiknya
2. Bermanfaat multiguna
Betakaroten memiliki kemampuan untuk memproteksi sel normal dari sel mutan (yang telah mengalami perubahan) pemicu pertumbuhan sel kanker. Mekanisme yang ditempuh betakaroten adalah dengan menekan sel yang bisa menjadi tumor marker.  Kekuatan proteksi betakaroten terhadap ancaman kanker, masih diteliti di semua negara.
Betakaroten juga memiliki unsur penting penangkal radikal bebas yang merusak jaringan tubuh.  Bila konsumsi betakaroten cukup, resiko penyakit akibat radikal bebas seperti jantung dan penyakit sistem kardiovaskuler lain dapat diminimalkan.
Radikal bebas adalah merupakan bahan asing yang dianggap sebagai sampah sehingga meracuni tubuh.  Radikal bebas dapat juga berasal dari bahan kimia, alkohol, polusi, obat dan asap rokok.  Betakaroten dapat meningkatkan sistem imun tubuh terhadap serangan infeksi.
Kemampuan antioksidan dari betakaroten dapat memberikan perlindungan terhadap kebutaan, terutama yang disebabkan oleh katarak.  Katarak merupakan proses keruhnya lensa mata sehingga bayangan obyek menjadi kabur bahkan tidak terlihat.  Katarak umumnya timbul bersama dengan penyakit ketuaan lain.
Itu tadi manfaat betakaroten untuk menunjang kesehatan tubuh kita, meski demikian tidak seharusnya dikonsumsi secara berlebih.  Pada apapun yang dikonsumsi secara berlebihan ada pengaruhnya.  Prinsip keseimbangan harus dijadikan pegangan dalam menyusun menu harian.

Incoming search terms:

  • metabolisme betakaroten