Makanan Untuk Mengobati Alergi

Makanan Untuk Mengobati AlergiAlergi adalah suatu reaksi tubuh berupa penolakan terhadap sesuatu yang baru yang masuk ke dalam tubuh, hal ini seperti zat tertentu, debu, polusi,bakteri.  Reaksi alergi bisa bervariasi tergantung dari individu masing-masing, ada yang ringan dan berat.

Jenis-jenis makanan yang dapat meringankan gejala alergi bahkan dapat mengobati alergi.  Beberapa tanda – tanda dan gejala alergi makanan, yaitu:
1. Nyeri bagian perut, diare, muntah – muntah atau mual – mual.
2. Pingsan
3. Pembengkakan pada bibir, wajah, lidah, mata dan tenggorokan
4. Hidung tersumbat dan asma
5. Ruam atau bintik – bintik merah karena gatal dan pembengkakan di bawah kulit atau eksem.
Beberapa jenis-jenis makanan yang terbukti dapat mengobati dan meringankan gejala alergi makanan:
1. Madu
Meminum satu sendok makan madu murni setiap hari dapat membangun antibody tubuh terhadap allergen, kecuali bila alergi terhadap madu.  Gunakan madu sebagai saus salad atau dapat juga mencampurkan ke dalam minuman.

2. Yoghurt tanpa rasa
Pada penelitian di Itali, dua cangkir yoghurt tanpa rasa dapat mencegah alergi hingga 40%.  Kandungan bakteri baik pada yoghurt bekerja sebagai anti-inflamasi, molekul yang juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Pilih yoghurt bebas gula karena pemanis buatan dapat membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk.
3. Teh
Meminum secangkir teh, cara yang sangat sederhana untuk menghilangkan alergi, baik teh hitam ataupun teh hijau.  Pada penelitian di Amerika, kandungan antioksidan pada teh dapat mengurangi alergi dan meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Biarkan teh dalam gelas, tunggu hingga tiga menit untuk memaksimalkan antioksidan tercampur dalam minuman.

4. Kacang Kenari
Kacang kenari adalah kacang yang disarankan untuk meredakan alergi, kacang ini mengandung alpha-linolenic acid (ALA) dan omega-3 yang bereaksidengan cepat untuk meringankan alergi. Pada penelitian di Amerika, mengatakan bahwa lemak yang terkadung dalam kacang adalah lemak sehat yang dapat membuat sistem kekebalan bagi tubuh yang sangat terorganisir, sehingga virus serta sel-sel kanker tidak bereaksi berlebihan pada tubuh. Konsumsi kacang kenari sebanyak 56 gram setiap hari untuk memperkuat kekebalan tubuh anda.

5. Sayur-sayuran
Terong, timun, tomat, zucchini dan kacang-kacangan termasuk dalam jenis sayuran yang mengandung zat yang dapat membantu mengurangi alergi dan asma
6. Vitamin C dan antioksidan
Vitamin C dan antioksidan dapat ditemukan pada sebagian besar buah, seperti jeruk, kiwi, mangga, nanas, pepaya, tomat, melon, strawberry, dan blackcurrant.

Itu tadi jenis makanan yang dapat mengobati alergi, semoga dapat membantu anda dan keluarga yang terkena alergi.