Makanan Untuk Kesehatan Organ Tubuh

Makanan Untuk Kesehatan Organ TubuhTubuh kita memerlukan asupan gizi untuk tetap fit.  Jenis makanan apa yang berguna untuk kesehatan organ tubuh kita?  Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan organ tubuh kita.
1. Mata
Telur. Kandungan pada kuning telur adalah lutein, karotenoid, zeaxanthin dan antioksidan lainnya.  Kandungan tersebut dapat membantu memperlancar penuaan mata.  Pada penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi satu telur setiap harinya, maka dalam waktu lima minggu, khasiatnya dapat dirasakan.  Telur dengan warna kuning yang pekat mengandung lebih banyak zeaxanthin dan lutein yang berkhasiat dalam perawatan mata.
2. Otak
Sawi putih, brokoli dan kembang kol dan sayuran lainnya yang mengandung asetilkolin yang dapat menyehatkan otak, meningkatkan daya ingat.  Pada penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi dua jenis sayuran kubis setiap harinya seperti brassica (sawi putih) dapat memperlambat 40% turunnya fungsi kognitif.  Memakan sawi mentah memiliki khasiat yang lebih baik dapat juga dikonsumsi seperti salad.  Bila direbus, sebaiknya jangan terlalu matang, supaya khasiatnya tidak rusak.
3. Kulit
Buah tomat merupakan tabir surya paling baik.  Buah tomat kaya akan antioksidan alami (likopen).  Hanya dengan konsumsi 16 mg likopen setiap hari dapat mengurangi 40% resiko sengatan matahari.  Menurut penelitian di Beijing, menyebutkan bahwa banyak kandungan likopen dalam buah tomat merah yang secara efektif mencegah penyakit yang diakibatkan oleh penuaan dan penurunan kekebalan pada tubuh.  Likopen dari buah tomat kuning kandungannya sedikit, tetapi lebih banyak mengandung karoten yang dapat mencegah kulit kasar dan kering.
4. Hidung
Biji bunga matahari merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan vitamin E.  Di negara China lebih dari 40 juta orang menderita rhinitis alergi.  Vitamin E merupakan antioksidan terbaik yang memiliki khasiat untuk melindungi sistem kekebalan tubuh.  Mengkonsumsi 30 gram biji bunga matahari dapat memenuhi 46% vitamin E yang dibutuhkan.
5. Bibir
Mengkonsumsi sejumlah walnut setiap hari dapat melembabkan bibir kering.  Asam lemak omega-3 yang ada pada walnut dapat membantu mengatur metabolisme.  Bila dibandingkan dengan walnut tua, nila gizi walnut segar agak berkurang karena mengandung banyak air, tetapi kandungan vitaminnya lebih tinggi.
6. Gigi
Banyaknya kejadian gusi berdarah karena kekurangan vitamin C.  Buah kiwi kaya akan vitamin C dan termasuk sebagai pelindung gigi.  Pada penelitian di Itali menyebutkan bila menderita penyakit periodontal, menderita siksaan sakit gigi dan perdarahan, konsumsi satu buah kiwi setiap hari.  Khasiat dari buah kiwi bukan itu saja, tetapi dapat mengurangi resiko kanker mulut hingga 50%.
7. Kuku
Kuku sebenarnya memiliki lapisan keratin, jadi kuku tidak hanya ada satu lapisan kuku.  Bila kuku anda secara bertahap kehilangan kilaunya, mudah pecah, dan rapuh, cara menyembuhkan dengan cepat adalah dengan menambahkan zat besi dan protein.  Pada makanan sehari – hari daging sapi kaya akan protein, kandungan pada zat besi juga sangat tinggi.  Zat besi yang dikandungnya mudah sekali diserap.
8. Payudara
Kembang kol segar memiliki efek anti kanker yang baik, merangsang sekresi pada tubuh yang dapat mencegah enzim yang dihasilkan oleh sel kanker payudara.  Pada penelitian sayur mayur di Beijing mengatakan bahwa sayuran di utara warnanya putih, bola bunga lebih padat.  Sayuran di selatan umumnya berwarna hijau kekuningan dan tidak berisi.  Sayuran di selatan kaya akan vitamin C dan karoten yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan berkhasiat dalam pemeliharaan kesehatan yang lebih baik.
9. Jantung
Asparagus kaya akan asam folat yang dapat mengurangi homosistein, suatu asam amino yang dapat menyebabkan peradangan dan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.  Mengkonsumsi asparagus dapat menyerap asupan nutrisi lain yang bermanfaat bagi jantung, seperti nutrisi kalium.  Pada penelitian di China mengatakan bahwa memilih asparagus sebaiknya pilih batang kepala asparagus yang keras dan padat.  Bekas sayatan bagian akar tidak kering dan kisut dan batangnya langsung putus seketika ditekuk.  Itu adalah ciri – ciri asparagus yang baik.
10. Perut Besar (usus & lambung)
Tempe merupakan makanan tinggi serat yang dapat melindungi perut, memperbaiki fungsi pencernaan.  Kacang kedelai adalah bahan baku dari tempe yang mengandung probiotik yang dapat memperbaiki fungsi pencernaan.  Oleh karena itu, sebaiknya menambahkan sedikit tempe pada menu makanan sehari – hari.
11. Tulang
Coklat kaya akan magnesium. Menurut penelitian menyatakan bahwa dengan memenuhi sejumlah besar magnesium dapat meningkatkan kepadatan tulang, mengkonsumsi 30 gram coklat setiap hari dapat menjaga kesehatan tulang di seluruh tubuh.
12. Otot dan Persendian
Minyak zaitun yang mengandung asam lemak tidak jenuh tunggal adalah dekomposisi anti metabolisme.  Dapat melindungi otot dan sendi dari kerusakan.  Pada penelitian di China mengatakan bahwa polifenol mudah rusak di bawah suhu tinggi.  Sebaiknya gunakan minyak zaitun sebagai makanan salad yang dapat mempertahankan nutrisinya.