Makanan Penguras Energi

Makanan Penguras EnergiMakanan adalah sumber energy.  Bagi anda mungkin akan memperbanyak karbohidrat pada pagi hari untuk mendapakan asupan energy saat beraktifitas.  Tetapi tahukan anda bahwa beberapa makanan dan minuman yang dipercaya dapat meningkatkan energy ternyata malah menjadi penguras energy?  Ini adalah daftar makanan dan minuman yang menguras energy:
1. Minuman Penambah Energi
Minuman berenergi dapat memberikan energy untuk sementara saja tetapi segera setelah kafein habis, anda akan merasa lebih lelah daripada sebelumnya.  Pada penelitian, orang dewasa yang kurang tidur diberi minuman energy yang mengandung gula dan diminta untuk melakukan tes monoton.  Setelah setengah jam berikutnya, hasilnya tidak berubah.  Tetapi setelah 50 menit, kelompok orang dewasa yang meminum minuman penambah energy yang mengadung gula tertinggal di belakang.

2. Donat, Roti Gulung dan Makanan Manis Lainnya
Gula dan tepung adalah penguras energy yang menakutkan.  Sangat disayangkan bila begitu banyak orang yang memulai hari dengan sarapan yang manis – manis.  Pada dasarnya, ketika anda mengkonsumsi banyak gula, karbohidrat akan diproses dengan cepat, gula darah menjadi naik dan kemudian otak akan berhenti memproduksi orexin yang merupakan zat untuk membuat tetap waspada.

3. Makanan Berminyak
Makanan tinggi lemak, seperti makanan yang digoreng, tidak dapat membantu kinerja otak.  Pada penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi dapat menyebabkan kelelahan dalam jangka waktu yang pendek dan penurunan kinerja kognitif dalam jangkan panjang.  Hal ini terutama berlaku untuk makanan yang tinggi lemak dan rendah karbohidrat.
4. Anggur Merah dan Alkohol
Beberapa alasan mengatakan bahwa meminum segelas anggur sebelum tidur sering dianjurkan bagi orang dewasa yang memiliki masalah tidur.  Karena alkohol adalah depresan yang kuat yang sering dapat mengakibatkan ngantuk.  Pada penelitian ditemukan bahwa alkohol dapat membuat pola tidur rusak dan menyebabkan kelelahan dan kurang waspada.
5. Makanan Rendah Zat Besi
Anemia atau disebut juga dengan rendah tingkat zat besi dalam darah adalah penyebab utama kelelahan, terutama bagi kaum perempuan.  Meskipunterdapat beberapa penyakit anemia mulai dari haid, penyakit sumsum tulang, makanan rendah zat besi dalam diet adalah alasan yang umum sebagai penyebab kelelahan. Sebaiknya mengkonsumsi makanan seperti sayuran hijau dan daging merah yang mengandung banyak zat besi.