Makanan Pencegah Penuaan Dini

Makanan Pencegah Penuaan DiniBeberapa dari anda mungkin sudah mengetahui, bahwa mengkonsumsi makanan yang tepat dapat menjaga tubuh anda tetap sehat.  Diet yang sehat dapat membuat anda terlihat tetap muda dan bahkan dapat memperlambat proses penuaan.
Beberapa makanan yang dapat mencegah penyakit-penyakit degeneratif adalah Alzheimer, diabetes dan penyakit jantung. Antara lain:
Buah–buahan dan sayuran
Buah dan sayuran adalah makanan yang paling penting yang dibutuhkan bagi tubuh kita, karena dapat mengurangi resiko kebutaan di usia 65 tahun atau lebih.  Sayur-sayuran dan buah-buahan seperti: bayam, jagung, jeruk, kol, dan wortel kaya akan vitamin C, beta karoten dan zing yang baik untuk mata.
Buah anggur, buah anggur merah yang kaya akan antioksidan (resveratrol) yang dapat membantu mengurangi resiko kanker, penyakit jantung dan penuaan dini.
Sayuran yang berwarna kuning dan hijau yang mengandung banyak vitamin C berguna untuk peremajaan kulit.
Gandum, mengkonsumsi gandum yang mengandung banyak serat dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2.
Ikan.  Ikan yang memiliki kandungan omega-3 memiliki fungsi untuk mencegah penuaan.  Selain untuk mencegah penuaan, ikan juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit stroke, jantung dan, Alzheimer.  Sebaiknya mengkonsumsi ikan 2 kali dalam seminggu.
Susu.  Kandungan pada susu yang kaya akan kalsium dan vitamin D sangat penting untuk tulang yang kuat.  Mengkonsumsi 2 gelas susu rendah lemak, yoghurt ataupun beberapa produk yang berbahan dasar susu setiap hari dapat mencegah resiko osteoporosis.
Kacang-kacangan.  Kacang-kacangan mengandung protein nabati baik sebagai bahan alternatif sumber protein lain dari daging merah guna mencegah penuaan dan penyakit-penyakit degeneratif.
Beberapa makanan yang dapat dikurangi:
Daging merah.  Kandungan pada daging merah yang terdapat lemak jenuh dapat beresiko pada penyumbatan pembuluh darah dan dapat mengakibatkan pada penyakit jantung.
Gula.  Mengkonsumsi gula terlalu berlebih dapat meningkatkan gula darah pada tubuh dan mengkonsumsi kalori yang berlebihan dapat membuat insulin menjadi resisten dan dapat menyebabkan penyakit diabetes.
Garam.  Mengkonsumsi garam yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan berpotensi pada kerusakan multiorgan, seperti: mata, ginjal dan otak.  Sebaiknya membatasi konsumsi sodium hingga 2400mg/hari yang setara dengan 1 sendok teh. Bila anda yang memiliki riwayat penyakit hipertensi (darah tinggi) sebaiknya anda dapat mengurangi sodium hingga 1500mg/hari.
Yang terpenting dari tips diatas adalah mengkonsumsi air putih minimal 2 liter/hari, karena dehidrasi dapat menyebabkan anda kekurangan energy dan menjadikan kulit kering.

Itulah beberapa asupan makanan yang dapat anda konsumsi dan hindari.  Semoga bermanfaat bagi anda.