Makanan Pemicu Sakit Kepala

Pasti diantara kita semua pernah merasakan bagaimana rasanya sakit kepala kan ? Mulai dari sakit kepala ringan hingga yang super berat yang sangat mengganggu kualitas hidup yang dijalani. Penyebab sakit kepala kebanyakan tidaklah diketahui penyebabnya. Namun makanan yang kita asup ternyata bisa menjadi salah satu andil sebagai penyebab nya.

Makanan Pemicu Sakit Kepala

Mari kita cari tahu makanan atau minuman apa saja yang bisa menyebabkan timbulnya sakit kepala:

1. Alkohol
Kandungan alkohol yang terdapat di dalam minuman dapat menyebabkan peningkatan aliran darah ke otak dan hal ini bisa menyebabkan dehidrasi. Kedua hal ini sangat berpengaruh terjadinya sakit kepala. Kandungan sulfiat yang digunakan sebagai pengawet dalam anggur merah juga disinyalir dapat memicu migraine.

2. Keju
Kadar tiramin dari keju akan semakin tinggi kadarnya seiring makin lama usia keju tersebut. Tiramin adalah hasil pemecahan protein pada makanan. Kadar tiramin dari sebuah keju bisa bervariasi tergantung dari variasi proses, fermentasi, usia, pemecahan dan kontaminasi bakteri. Keju yang memiliki kadar tiramin tinggi misalnya adalah blue cheese, keju swiss, cheddar, gouda dan parmesan.

3. Penyedap Rasa
Monosodium glutamate (MSG) yang sering ditemukan dalam penyedap rasa telah terbukti dapat menyebabkan keluhan kram perut, diare dan sakit kepala hebat pada 10-15 orang penderita migraine. Penambah rasa mengandung nitrat yang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah otak sehingga menyebabkan sakit kepala. Sindroma restoran Cina merupakan sindroma yang dulu dikenal disebabkan oleh kadar MSG yang tinggi, gejala muncul dalam satu jam setelah mengkonsumsi MSG dan dapat menyebabkan gejala seperti merasa tertekan di dada atau kepala, sensasi terbakar di dada, leher dan bahu, pusing dan nyeri perut.

4. Makanan Dingin
Makanan dingin dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang. Kejadian ini paling sering terjadi ketika Anda memakan makanan dingin seperti eskrim setelah mengalami kepanasan akibat olahraga atau suhu yang panas. Nyeri biasanya dirasakan di bagian dahi mencapai puncaknya pada 25-60 detik dan bertahan hingga 2 menit. Hampir 90% penderita migraine dilaporkan sensitive terhadap eskrim dan makanan dingin.

5. Makanan Olahan
Kandungan nitrat dan nitrit yang terdapat di dalam pengawet makanan seperti hotdog, bacon, nugget, dan lain sebagainya dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan mencetuskan sakit kepala pada sebagian orang. Selain itu makanan olahan juga memiliki kadar tiramin yang tinggi sehingga dapat mencetus sakit kepala.
Para pakar menyarankan untuk membuat catatan makanan semacam diary makanan penyebab sakit kepala, hindari makanan yang dapat memicu sakit kepala, konsumsi makanan bernutrisi dan sehat, dan yang terpenting adalah hindari menunda makan.