Makanan Dan Minuman Yang Merusak Kulit

Makanan Dan Minuman Yang Merusak KulitBaik atau tidaknya makanan dan minuman yang telah masuk ke dalam tubuh kita, ternyata dapat mempengaruhi penampilan pada kulit kita. Tetapi ada pula beberapa makanan yang dapat merusak kesehatan kulit indah kita.
Walaupun efeknya tidar terlalu signifikan, tetapi dalam jangka waktu yang lama akan terlihat dan nampak, terlebih lagi bila dikonsumsi dengan jumlah yang banyak. Apa saja makanan dan minuman yang dapat merusak kulitmu?  Berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat merusak kesehatan kulit anda.
1. Garam
Pernahkan anda bangun tidur dan merasakan mata anda sembab dan bengkak?  Bisa jadi hal ini dikarenakan anda terlalu banyak konsumsi garam.  Kadar garam yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan cairan yang dapat mengakibatkan pembengkakan pada tubuh.  Kulit di daerah mata sangat tipis, daerah tersebut lebih mudah sekali untuk bengkak.  Efek konsumsi garam berlebih biasanya dipengaruhi oleh faktor usia.  Umumnya terjadi pada usia 30 tahun ke atas.
2. Makanan Laut
Makanan laut seperti kepiting, lobster, udang dan beberapa jenis sayuran seperti rumput laut dan bayam tinggi akan kandungan iodine.  Kelebihan dari kandungan iodine dapat menyebabkan timbulnya jerawat.  Tetapi anda tidak akan langsung berjerawat begitu konsumsi makanan laut dengan iodine yang tinggi.  Timbulnya jerawat yang disebabkan karena iodine adalah kandungan iodine yang telah terakumulasi selama bertahun – tahun. Bila wajah anda cenderung mudah sekali berjerawat sebaiknya anda dapat mengurangi makanan laut, cukup hanya dengan makan satu hingga dua kali dalam sebulan.
3. Susu
Walaupun susu termasuk produk yang kecil, produk susu olahan dapat membuat kulit menjadi bermasalah.  Sebuah penelitian menyebutkan bahwa adanya hubungan antara terlalu banyaknya konsumsi susu, terutama pada susu skim dengan timbulnya jerawat.  Gangguan kulit seperti ini biasanya dialami orang yang mengalami intoleransi laktosa.  Bagi beberapa orang, susu ini juga dapat menyebabkan gatal dan merah – merah pada kulit.
4. Makanan dengan Glycemic Index Tinggi
Pasta, cake, sirup jagung dan roti putih merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat, terutama bagi orang dengan kondisi wajah yang berminyak.  Makanan dengan kadar glycemic indek yang tinggi dapat menyebabkan gula darah menjadi naik.  Pada penelitian di Australia menemukan bahwa konsumsi makanan dengan kadar glycemic indek yang rendah dapat membantu mengurangi jerawat, bila anda memiliki wajah berjerawat setelah makan French fries, mungkin itu juga bisa disebabkan oleh kandungan karbohidratnya, bukan pada minyak.
5. Gula
Pada makanan atau minuman yang manis dapat menaikkan kadar gula dalam darah, pada kondisi seperti ini dapat merusak kesehatan kulit karena gula darah menjadi naik dan dapat menyebabkan rusaknya jaringan pada kulit, salah satunya adalah kolagen.  Dalam hal ini dapat mengakibatkan kulit menjadi lebih cepat keriput.
6. Alkohol
Pada minuman beralkohol memiliki sifat diuretic, yaitu memicu keluarnya urin yang lebih sering.  Semakin banyak mengkonsumsi alkohol, maka semakin cepat dehidrasi pada tubuh anda.  Alkohol juga dapat menyerap kelembaban alami dari kulit sehingga kerutan dan garis halus muncul lebih cepat dari yang anda bayangkan.
Itu tadi beberapa makanan dan minuman yang dapat merusak kesehatan kulit anda.  Untuk menjaga kesehatan kulit, anda dapat menghindari atau mengurangi kebiasaan diatas.  Semoga tips diatas dapat membantu anda untuk merawat kulit secara optimal.