Kiat Mengatasi Rasa Takut Melahirkan

Kiat Mengatasi Rasa Takut MelahirkanPada tubuh perempuan memang dirancang untuk melahirkan, tetapi terkadang ada beberapa acara televisi dan pesan dari media sering mendramatisasi proses persalinan.  Dalam hal ini dapat mengakibatkan tumbuhnya gambar yang tertanam di kepala kaum hawa, bahwa melahirkan itu sangat menakutkan dan berbahaya.
Pemahaman mengenai anatomi dan fisiologi pada tubuh disamping untuk proses kelahiran dan juga dapat menyebabkan seorang perempuan menjadi cemas, ragu atas kemampuannya untuk melahirkan.
Terlepas dari rasa sakit, perempuan memang berurusan dengan sejumlah emosi selama masa kehamilan.  Perempuan menaruh harapan pada diri mereka dan stress dengan melahirkan secara alami, ikatan batin dengan bayi mereka di dalam rahim dan menjadi orang tua yang baik.
Bila saat ini anda sedang mempersiapkan persalinan dan merasa takut, saya ada beberapa cara untuk mengalahkan rasa takut yang anda derita untuk anda coba.
1. Ikuti kelas ibu hamil.
Mengikuti kelas ibu hamil dapat membantu anda untuk mempersiapkan diri, memberikan rasa percaya diri dan mengelola rasa takut yang anda derita.  Pengajaran di kelas ini akan menyediakan informasi yang tidak akan menimbulkan rasa takut dan dapat membantu untuk menghilangkan mitos dan memberikan cara untuk mengelola rasa sakit tersebut.
2. Mencari dokter atau bidan dengan hati-hati.
Pelayanan kesehatan sangat berpengaruh bagi wanita dalam proses persalinan.  Ketika mencari pelayan kesehatan sangat penting untuk mengajukan pertanyaan dan pilih seseorang yang dapat membangun rasa percaya diri anda dan mendukung keputusan anda.
3. Lepaskan harapan.
Banyaknya perempuan yang menetapkan batas waktu disaat kerja, rasa khawatir tentang memilih cuti dan kapan mulai mempersiapkan diri saat persalinan.  Terkadang orang lain menghakimi anda atas keputusan tersebut.  Dalam hal ini, tekanan yang mempengaruhi pengalaman akan melahirkan tersebut.  Sebaiknya tempatkan harapan itu pada diri anda sendiri.
4. Cobalah latihan relaksasi.
Melakukan pernafasan dalam, meditasi dan relaksasi otot progresif dapat membantu anda untuk menenangkan tubuh dan pikiran sehingga anda memiliki sedikit kecemasan.
5. Visualisasikan diri.
Berlatih dan belajar visualisasi dapat membantu membayangkan tempat yang menyenangkan bila anda mulai merasa kewalahan selama masa persalinan.  Sebaiknya bekerja sama dengan seorang terapis atau anda dapat mengikuti kelompok yang dapat memberikan pelatihan seperti ini.
6. Sambungkan antara tubuh dan pikiran.
Pada sebuah penelitian menjelaskan bahwa rasa ketakutan dapat menyebabkan persalinan menjadi lebih lama.  Namun, bila anda memberikan kesadaran kepada apa yang terjadi pada tubuh selama masa persalinan, anda menjadi lebih mampu untuk menangani tingkatan emosi tersebut.
7. Hentikan cerita.
Pengalaman dari teman tentang melahirkan mungkin terasa traumatis bagi teman anda, walaupun teman anda mungki berpikiran sedang membantu anda dengan sarannya, sebaiknya tidak terlalu dipikirkan kisah teman anda karena informasi tersebut dapat menjadikan rasa cemas bagi anda.
8. Memahami tujuan nyeri.
Tidak ada nyeri seperti jenis lain, nyeri selama masa persalinan dan melahirkan tidak perlu diperbaiki dan itu benar – benar bertujuan untuk melahirkan buah hati anda ke dunia.  Bila anda mengenali, mengapa anda harus demikian dan mengatasinya, anda akan merasa lebih percaya diri.
9. Buatlah pengalaman sendiri.
Daripada membandingkan diri dengan orang lain, sebaiknya buat keputusan yang berdasarkan apa yang anda alami dan bagaimana anda berekasi pada situasi tersebut
10. Dapatkan dukungan.
Berbicara dengan teman dekat tentang rasa cemas anda dapat membantu meringankan rasa cemas tersebut.  Jika memang tidak dapat membantu, cari seorang terapis.  Rasa takut tersebut akan terbayar dengan hadirnya buah hati anda yang lucu.
Itu tadi beberapa kiat untuk mengatasi rasa takut melahirkan.  Semoga dapat berguna bagi anda yang sedang mempersiapkan kehamilan dan proses melahirkan.