Khasiat Sari Tebu

Khasiat Sari TebuSari tebu telah dikenal masyarakat secara turun temurun dan telah terbukti bermanfaat sebagai obat antiracun, obat lambung, pengencer dahak dan antiseptic.  Sari tebu juga dipakai untuk mengobati kanker paru – paru, menyembuhkan luka dan tumor.  Ampas dari tebu dapat dipakai untuk menutup luka dan membalut patah tulang.  Di negara India jus tebu menjadi obat untuk tumor di bagian perut.
Pada air perasan tebu memiliki efek anti diabetic.  Air tebu mengandung sakaran, senyawa anti diabetic.  Pada proses pengolahan menjadi gula pasir, senyawa anti diabetic hilang saat proses pemanasan dan yang bertahan senyawa sakarosa yang menjadi pemicu diabetes.
Rasa manis sari tebu menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan, antara lain:
Tebu Pencegah penyakit kuning
Jus tebu merupakan obat alami untuk penyakit kuning.  Penyakit kuning diakibatkan karena bilirubin yang berlebihan pada darah, sehingga kulit menjadi kuning.  Penyakit kuning juga berujung pada serangan liver atau hati. Untuk mendapatkan kesembuhan, mengkonsumsi dua gelas jus tebu segar dengan mencampurkan jeruk nipis dan garam.
Sari Tebu atasi Infeksi
Minuman sari tebu ini dipercaya dapat meredakan rasa nyeri infeksi pada saluran kemih, peradangan perut dan penyakit seksual.  Konsumsi cukup dengan satu gelas sari tebu maka rasa nyeri tersebut akan hilang.
Peluruh Batu ginjal
Jus tebu juga dapat menyembuhkan batu ginjal.  Penyakit batu ginjal dikenal dengan infeksi saluran kemih.  Kurangnya cairan pada tubuh akan membentuk batu pada ginjal sehingga hadirkan rasa sakit dan perdarahan saat buang air kecil.  Untuk mengurangi batu di ginjal, anda dapat mengkonsumsi sari tebu.
Atasi Demam
Tebu memiliki banyak vitamin yang baik bagi tubuh.  Sari tebu kaya akan zat besi, kalium, fosfor dan magnesium.  Pada penelitian menunjukkan bahwa jus tebu dapat dijadikan obat ampuh untuk menurunkan demam.
Sari Tebu Mencegah kanker
Sari tebu memiliki sifat alkali yang dapat mencegah kanker.  Sifat alkali ini sangat berpengaruh pada jenis kanker usus, payudara dan paru – paru.
Mencegah sakit tenggorokan dan flu
Dengan meminum segelas air tebu secara teratur dapat menjauhkan anda dari berbagai macam penyakit, seperti pilek, flu atau sakit tenggorokan.
Untuk Rehidrasi
Untuk mempertahankan cairan pada tubuh, sari tebu cara alternatif anda. Bila di musim panas, sari tebu dapat dimanfaatkan untuk mendinginkan panas di tubuh.
Menghambat Plak
Tebu mengandung senyawa octacosanol yang sejenis alkohol rantai panjang yang dapat menurunkan kadar kolesterol pada darah.  Octacosanol juga dapat menghambat penumpukan plak pada dinding pembuluh dan melindungi terhadap oksidasi protein dalam darah.
Pada penelitian di Kuba, kandungan octacosanol menekan sintesa kolesterol yang diproduksi dalam hati.  Dalam hal ini terlihat adanya pengaturan enzim reductase HMG-CoA, enzim yang membatasi laju dari sintesa kolesterol.  Dalam waktu yang panjang, dengan mengkonsumsi octacosanol dapat menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol darah tanpa efek samping.
Pada penderita diabetes aman untuk mengkonsumsi tebu, karena pemberian policasanol 10 mg setiap hari menunjukkan penurunan kolesterol 17,5% dan kolesterol LDL 21,8% tetapi tidak terjadi peningkatan pada kadar glukosa. Kadar kolesterol HDL meningkat 11,3%.
Tebu berkhasiat Anti Diabetes
Kandungan karbohidrat pada tebu cukup banyak yang ternyata dapat memiliki manfaat baik untuk menjaga kesehatan otak, ginjal, mata dan jantung.  Bila di konsumsi dalam bentuk segar atau belum di olah menjadi gula.  Meskipun gula berbahan dasar dari tebu bila dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan diabetes.
Tebu mengandung asam lemak yang memiliki efek anti radang dan analgetik.  Kandungan ini telah dibuktikan dengan pemberian suatu campuran asam lemak yang diisolasi dari tebu kepada tikus.  Tikus yang kesakitan setelah diletakkan diatas piring panas dan diberi asam asetat menjadikan tenang setelah meminum larutan tersebut.
Secara alami masyarakat telah memanfaatkan tebu sebagai antiseptic, anti racun, obat lambung dan pengencer dahak.  Tebu juga dipakai untuk mengobati kanker paru – paru, tumor dan dapat menyembuhkan luka. Sari tebu juga dapat digunakan untuk pengobatan gonore dan gangguan pada vagina.  Ampas dari tebu dapat digunakan untuk menutup luka dan membalut patah tulang.

Incoming search terms:

  • apakah es tebu pengaruh diabetes
  • air tebu boleh dikosumsi penderita asam lambung
  • air tebu boleh dikonsumsi penderita asam lambung
  • air tebu tanpa es batu apakah dapat menyembuhkan penyakit gula
  • atasi diabetes dengan gula tebu
  • berapa lama air tebu sembuhkan batu ginjal
  • efek samping air tebu
  • gula tebu untuk diabetes
  • jus tebu obat luka diabetes