Khasiat Jagung

Khasiat JagungMengkonsumsi jagung sangat bagus untuk menunjang kesehatan pada tubuh, terutama pada mereka yang mempunyai kencing manis atau diabetes.  Banyak kandungan zat dan nilai gizi yang ada pada jagung, jagung juga dapat menjadi makanan sehat yang dikonsumsi dalam keadaan santai. Para dokter menyarankan untuk melakukan konsumsi jagung untuk kesehatan tubuh.  Jagung memiliki rambut halus berwarna coklat ini umumnya mudah ditemui, dapat dikonsumsi dibakar, direbus dan dibuat masakan bahkan bisa diolah menjadi pudding.
Kandungan Manfaat dalam jagung
Mengkonsumsi jagung dapat memperkecil berbagai resiko penyakit, manfaat jagung sangat besar bagi kesehatan seperti sumber kalori.  Setiap 100 gram jagung mengandung 342 kalori.  Jagung bisa juga dibuat sebagai sereal sehat yang dapat meningkatkan berat badan, selain itu jagung bisa juga mencegah wasir dan kanker usus, jagung sangat kaya akan serat yang cukup tinggi.  Dalam satu cangkir terkadung 18,4% serat dari serat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.  Mengkonsumsi jagung membantu sistem pencernaan yang lancar dan menghindarkan dari sembelit dan menurunkan resiko kanker usus besar.  Jagung memiliki fungsi sebagai sumber vitamin seperti vitamin B konstituen, niasin, thiamin dan sumber mineral lainnya. Jagung juga mengandung banyak asam folat, asam amino, mineral dan nutrisi lainnya yang diperlukan tubuh.  Mengkonsumsi jagung sesuai takaran, maka tubuh kita telah mencukupi porsi makan dengan serat alami yang baik bagi tubuh.
Manfaat konsumsi jagung bagi kesehatan
Diolah dengan cara dipanggang, ditumis, direbus, jagung tetap lezat dan mengkonsumsi jagung memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat mengkonsumsi jagung bagi kesehatan.
1. Melancarkan pencernaan
Tanaman jagung kaya akan serat yang dapat membantu proses pencernaan. Pada penelitian menunjukkan bahwa satu porsi jagung sudah memenuhi kebutuhan 10 % serat setiap harinya.
2. Sangat Baik Bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi
Kandunan asam folat pada jagung sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan buah hatinya.  Kurang mengkonsumsi asam folat dapat mempengaruhi berat badan pada bayi.
3. Menyehatkan mata
Konsumsi jagung setiap hari dapat menyehatkan mata.  Jagung mengandung carotenoid yang dapat menurunkan resiko kerusakan ada mata disaat usia senja.
4. Menyehatkan jantung
Organ yang diuntungkan bila mengkonsumsi jagung adalah jantung. Kandungan carotenoid juga memiliki peran untuk menurunkan resiko penggumpalan pada arteri.
5. Kaya kalori dan vitamin
Setiap 100 gram jagung, terdapat 342 kalori yang terkandung.  Jagung kaya akan vitamin B komplek yang dapat menjaga kesehatan pada saraf.
6. Kaya mineral
Mineral yang terkandung pada jagung adalah mangan, zat besi, magnesium, seng, tembaga dan selenium.  Mineral tersebut memiliki peran untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.
7. Mencegah anemia
Bila terserang penyakit anemia, mengkonsumsi jagung dapat ditingkatkan lagi. Karena anemia umumnya disebabkan oleh kondisi dengan kekurangan vitamin B12, zat besi dan asam folat.
8. Mengontrol diabetes
Manfaat lain dari jagung bagi kesehatan adalah dapat mengontrol diabetes. Terdapat senyawa pada jagung yang mampu untuk menurunkan resiko serangan penyakit diabetes.
9. Melawan kanker
Jagung merupakan kaya akan sumber antioksidan yang baik dan mampu untuk melawan berbagai macam jenis kanker.  Senyawa fenolik yang ada pada jagung memiliki sifat anti-karsinogenik dan dapat melawan kanker payudara dan hati.  Antioksidan mampu untuk membunuh sel kanker pada tubuh tanpa mempengaruhi sel sehat lainnya.
10. Menyehatkan kulit
Jagung dengan bentuk minyak adalah produk kecantikan yang banyak ditemukan di pasaran.  Minyak jagung mempunyai kemampuan untuk menyehatkan kulit secara alami.