Khasiat Gandum dan Biji – Bijian

Gandum dan Biji – Bijian Turunkan Resiko KankerMenurut penelitian akhirnya dapat menunjukkan dengan pasti jenis dan takaran asupan serat alami bagi kesehatan pada tubuh, khususnya dalam menurunkan resiko kanker usus pada manusia. Selama ini kita sering mendegar manfaat dan kebutuhan serat dalam makanan sehari-hari, dan tentu saja kita akan beranggapan bahwa serat alami tersebut hanya cukup dari buah dan sayuran.
Tetapi pada kenyataannya, hasil penelitian yang dipublikasi oleh The British Medical Journal menemukan bahwa asupan serat alami dari gandum dan biji – bijian lebih mempunyai khasiat dalam mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan di usus.  Para peneliti di Inggris menemukan bahwa hanya dengan asupan 10 gr gandum dan biji – bijian sehari dapat meningkatkan kebutuhan serat alami tubuh sekaligus dapat menurunkan resiko terkena kanker usus sebanyak 10%.  Dibandingkan dengan hasil 25 studi sebelumnya yang hanya menggunakan buah dan sayuran.  Meskipun buah dan sayuran memiliki serat alami yang baik bagi tubuh, tetapi kadar dan khasiatnya tidak memberikan perubahan pada resiko kanker usus.
Bahkan pada hasil penelitian terhadap 2 juta orang, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kadar serat alami yang diasup setiap hari dengan mengkonsumsi gandum dan biji – bijian dapat meningkatkan pencegahan terhadap kanker rectum maupun kanker kolon yang merupakan jenis kanker usus yang biasa menyerang pria dan wanita.
Hasil penelitian juga mendukung penelitan yang sebelumnya yang menunjukkan bahwa serat alami dari gandum dan biji – bijian telah terbukti melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes tipe 2, kelebihan berat badan, obesitas dan penyumbatan pada saluran darah.  Serat alami dapat kita temukan pada beras merah, roti gandum, oat meal, sereal, dan bubur yang terbuat dari kacang – kacangan.
Semakin banyak mengkonsumsi serat alami akan semakin baik dan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak telah mampu memberikan efek.  Dengan memasukkan 90 gr gandum dan biji – bijian dalam menu makanan sehari – hari mampu menurunkan 20% resiko kanker rectum yang lebih banyak menyerang pada pria.
Oleh sebab itu, kita semakin sadar akan perlunya mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung gandum dan biji – bijian pada asupan kita setiap harinya demi mencegah berbagai macam penyakit yang mengintai akibat dari pola makan kita yang telah terkikis oleh gaya hidup yang serba cepat tanpa menyadari banyak hal yang telah kita lewati.

Incoming search terms:

  • gandum dan biji-bijian