Khasiat Dari Minyak Wijen

Khasiat Dari Minyak WijenMinyak wijen yang berasal dari biji wijen yang telah diekstrak.  Selama ini minyak wijen diketahui bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.  Minyak wijen juga dapat dibubuhkan dalam masakan Cina.
Minyak wijen kaya akan asam lemak omega-6, flavonoid phenolic anti-oxidants, serat dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.
Selain untuk bumbu masakan, minyak wijen juga sering digunakan sebagai obat – obatan.  Berkat kandungan yang bernutrisi dan mampu untuk mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit.
1. Membuat kulit nampak lebih muda
Minyak wijen yang telah terbukti kaya zat anti oksidan dan vitamin E. Kedua nutrisi ini berguna untuk mencegah tanda penuaan dini pada kulit. Oleskan minyak wijen pada kulit, pijat selama empat hingga lima menit setiap hari.  Dengan cara ini, dapat membantu mengencangkan pori – pori. Minyak wijen juga kaya akan sifat anti inflamasi yang berguna untuk mengurangi infeksi pada kulit.
2. Menjaga kesehatan rambut
Minyak wijen juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan rambut, seperti mengurangi ketombe, mencegah gatal di kulit kepala, dan mencegah kerontokan pada rambut.  Pijat kulit kepala dengan menggunakan minyak wijen seminggu sekali.
3. Mencegah hipertensi
Pada penelitian di Jepang, menunjukkan bahwa diet dengan menggunakan minyak wijen dapat mencegah hipertensi.  Dalam hal ini kandungan alami dari phytoestrogen.
4. Mengurangi sodium
Sebuah penelitian di Universitas Yale menyebutkan bahwa mengkonsumsi minyak wijen tidak hanya membantu untuk mengurangi tekanan darah, tetapi juga dapat menurunkan tingkatan sodium pada tubuh.
5. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan asam lemak tidak jenuh pada minyak wijen dapat bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh.  Minyak wijen juga kaya akan lesitin yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dalam darah.
6. Meningkatkan kekuatan pada sendi
Minyak wijen juga kaya akan kalsium dan magnesium.  Dua jenis mineral ini dapat membantu wanita untuk terhindar dari penyakit osteoporosis dan arthritis.
7. Anti radikal bebas
Minyak wijen kaya akan antioksidan yang baik, untuk menetralkan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas di sekitar kita.  Antioksidan ampuh melawan kerusakan pada tubuh akibat dari beberapa jenis bakteri, virus dan penuaan.
8. Minyak wijen mencegah kanker
Minyak wijen mengandung phytate yang merupakan antioksidan yang sangat kuat dan merupakan zat alami anti kanker.  Phytate sendiri memiliki peran untuk memperlambat pertumbuhan beragam jenis sel – sel kanker.
9. Membantu penderita Diabetes
Menurut penelitian di Clinical Journal of Nutrition menunjukkan bahwa minyak wijen mampu untuk menambahkan efisiensi dari obat – obatan oral yang diasup pasien diabetes tipe 2.
10. Menurunkan gula darah
Pada minyak wijen, kaya akan lemak baik.  Oleh karena itu, minyak wijen terbukti membantu menurunkan kadar glukosa sehingga dapat mengurangi resiko diabetes.
11. Kesehatan pernapasan
Kandungan magnesium pada minyak wijen dapat mencegah serangan asma, kejang pada pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.
12. Anti stress
Kerutan akan lebih mudah untuk muncul ketika mengalami stress.  Dengan cara memijat wajah dapat membantu untuk meredakan ketegangan dan kontraksi pada otot wajah, sehingga dapat membantu anda tampak lebih muda.  Minyak wijen ini juga membantu meringankan insomnia dan mencegah penyakit migraine.
Itu tadi beberapa khasiat dari minyak wijen yang terbukti dapat membantu meringankan berbagai masalah kesehatan pada tubuh kita.  Semoga artikel ini dapat berguna bagi anda.