Khasiat Buah Tomat Bagi Tubuh

Khasiat Buah Tomat Bagi TubuhBuah tomat mengandung berbagai zat yang berguna bagi tubuh, seperti fosfor, protein, belerang, vitamin A, B1, C, zat besi dan betakaroten sejenis likopen.  Kandungan terbesar adalah likopen yang hampir 50% lebih.
Jenis tomat terbaik adalah tomat yang mengandung banyak vitamin C sekitar 25 mg.  Tidak semua tomat memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Ada hal ekstrenal dan internal yang dapat mempengaruhi kandungan nutrisinya.
Kandungan buah tomat yang menarik adalah tingginya likopen.  Likopen juga terbukti efektif sebagai zat antioksidan.  Kanker yang dapat diturunkan kadarnya antara lain, lambung, tenggorokan, kanker prostat dan usus besar.
Khasiat Lycopene Bagi kesehatan
Likopen adalah zat antioksidan kuat yang ada hanya pada buah yang berwarna merah, seperti delima merah, tomat, semangka merah dan jambu merah.  Likopen dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu tubuh untuk melawan penyakit jantung dan beberapa penyakit kanker.
Khasiat lainnya
Kandungan asam klorogenat dan asam p-kumarat pada tomat dapat melemahkan zat nitrosamine yang menjadi pemicu kanker.  Tetapi penelitian pada tomat sangat terbatas dilakukan.
Penelitian tomat diawali di Amerika Serikat pada tahun 1834.  Dari hasil penelitian ini tomat dapat digunakan sebagai obat dalam mengatasi gangguan pencernaan, fungsi hati dan serangan empedu.  Dalam hal ini yang menyebabkan orang mengatakan tomat sebagai apel hati karena dapat menyembuhkan penyakit hati.
Pada penelitian di Skotlandia, menemukan gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan pada darah yang menjadi pemicu penyakit stroke dan serangan jantung. Kedua penelitian ini dilanjutkan oleh peneliti di Jepang.
Tomat juga banyak dimanfaatkan pada industri kecantikan.  Masker dan pil anti penuaan yang berbahan dasar tomat.  Kandungan pigmen likopen telah terbukti efektif sebagai antioksidan yang dapat melawan penuaan dini. Zat lain seperti tomatin pada buah tomat juga dapat bermanfaat sebagai zat antiinflamasi.  Zat ini dipercaya dapat menyembuhkan luka dan mengobati jerawat.
Buah tomat juga mempunyai sifat antipiretik atau pereda demam.  Serat yang tinggi pada buah tomat mampu mengatasi gangguan pencernaan seperti wasir dan sembelit.  Berbagai kandungan pada buah tomat dapat memulihkan lemah syahwat, meningkatkan jumlah sperma dan dapat menambah kegesitan gerakan sperma.
Buah Tomat Dapat Menjaga Tulang Lebih Sehat
Senyawa pada buah tomat sangat dibutuhkan pada kesehatan kepadatan tulang dan membantu menjaga arteri atau pembuluh darah lebih fleksibel, berkat khasiat dari buah tomat mencukupi kebutuhan harian vitamin K hampir 18% dari 1 ons tomat segar.  Kekurangan dari vitamin K meskipun tidak umum seperti kulit memar, vitamin K disimpan pada jaringan lemak pada tubuh dan membantu kalsium tulang dan vitamin K juga berperan sebagai agen pembekuan darah.
Menurunkan Kadar Kolesterol
Dalam melawan kolesterol tinggi, buah tomat memiliki manfaat ganda untuk kesehatan kolesterol.  Dalam hal ini pada buah tomat terdapat beberapa phytocompounds seperti likopen yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).
Menurunkan Tekanan Darah
Buah tomat yang memiliki kandungan yang kaya akan sumber mineral potassium citrate.  Mineral potassium atau kalium (K) dapat membantu menurunkan tekanan darah saat mereka sedang melindungi tulang. Mengkonsumsi 1 ons tomat sama dengan mencukupi sekitar 11% kebutuhan harian mineral potassium.
Mengkonsumsi banyak buah tomat adalah salah satu cara termudah untuk membantu mengobati tekanan darah tinggi.  Mengobati hipertensi dengan mengkonsumsi makanan alami seperti buah tomat adalah lebih baik dari mengkonsumsi suplemen atau obat untuk darah tinggi.
Meningkatkan Kesehatan Mata
Rabun jauh, rabun dekat, katarak dan degenerasi macula memiliki hubungan erat dengan pola makan dan dapat membantu meningkatkan kesehatan mata.  Buah tomat adalah tinggi akan senyawa aktif, vitamin dan mineral yang memiliki kontribusi terhadap kesehatan mata yang lebih baik.
Untuk memperoleh mata yang sehat diperlukan kadar yang tinggi vitamin A, C, E dan mineral tembaga (CU) pada tubuh.  Tomat adalah menu pilihan yang cukup baik bila ingin menjaga mata dengan kondisi yang prima.