Khasiat Buah Rambutan

Khasiat Buah RambutanPada buah rambutan tersimpan khasiat obat yang tidak ternilai harganya. Menurut pakar tanaman obat, buah rambutan ini memuat besi, kalium dan bahkan vitamin C.  Setiap 100 gram (sekitar 3 buah rambutan terkadung 69 kalori, 18,1 gram karbohidrat, dan 58 mg vitamin).  Kadar serat dari rambutan juga cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100 gram berat buah. Karakter dari buah rambutan ini cocok untuk dikonsumsi orang – orang yang masih menjalankan diet untuk menurunkan atau menjaga berat badan.
Menurut ahli gizi di Banjarmasin menjelaskan bahwa kandungan dari buah rambutan ini hampir sama dengan kandungan dari buah jeruk dan apel. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak methanol dari biji rambutan ini mengandung senyawa fenolik dan falvonoid.  Ekstrak dari methanol mengandung 6 komponen senyawa yang terdiri dari 5 fenolik dan 1 fenolik bukan flavonoid.  Manfaat lain dari ekstrak methanol biji rambutan ini memiliki aktivitas hipoglikemik yang memiliki potensi untuk membantu pasien terutama pada pasien yang mengalami gula darah tinggi atau diabetes mellitus.
Bagian kulit dari buah rambutan ini dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah disentri dan demam, pada kulit kayu tumbuhan rambutan digunakan untuk mengatasi sariawan, bagian daun digunakan untuk mengatasi diare dan dapat menghitamkan rambut, bagian akar digunakan untuk mengatasi demam, dan biji digunakan untuk mengatasi kencing manis.
Cara dan Contoh Pemakaian
Pada obat yang diminum, tidak ada dosis yang disarankan.  Pada pemakaian luar, daun digiling hingga halus, tambahkan dengan sedikit air. Air perasan dapat digunakan untuk perawatan rambut.  Berikut cara pengobatan menggunakan buah rambutan:
Disentri
Siapkan kulit buah rambutan (10 buah) dan dicuci, setelah itu dipotong – potong seperlunya.  Tambahkan dengan tiga gelas air putih, lalu rebus hingga airnya tersisa setengah.  Diamkan sejenak, saring rebusan tersebut dan minum dua kali sehari, masing – masing tiga perempat gelas.
Demam
Siapkan kulit buah rambutan yang sebelumnya dikeringkan dan dicuci, tambahkan dengan tiga gelas air putih, rebus hingga mendidih selama 15 menit.  Diamkan untuk di dinginkan, minum hingga 3 kali sehari dengan masing – masing sepertiga bagian.
Perawatan Rambut
Siapkan daun rambutan secukupnya, cuci daun tersebut, tumbuk hingga halus. tambahkan sedikit air, sambil diaduk hingga merata sampai menjadi adonan seperti bubur.  Adonan tersebut diperas dan disaring dengan sepotong kain.  Air perasan tadi digunakan untuk membasahi kulit kepala. Cara ini dapat dilakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.
Sariawan
Siapkan kulit kayu rambutan (3 ruas jari) dan dicuci, rebus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas.  Anda dapat memakai rebusan kulit kayu rambutan tersebut untuk berkumur selagi hangat.
Bisa digunakan sebagai Obat Diabetes
Pada biji rambutan ternyata dapat dimanfaatkan.  Biji rambutan tidak beracun dan mengandung karbohidrat, protein, lemak yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh dari gizi.  Biji rambutan ini mengandung lemak polifenol yang cukup tinggi.  Komposisi zat kimia pada biji rambutan tersebut dapat menghasilkan khasiat hipoglikemik (menurunkan kadar gula dalam darah) sehingga biji rambutan banyak digunakan untuk pengobatan alternatif untuk menormalkan kadar gula darah penderita kencing manis (diabetes mellitus yang cenderung tinggi)
Ambil lima buah rambutan yang telah masak, pisahkan bijinya.  Potong biji rambutan tersebut menjadi bagian kecil, sangrai hingga berwarna kuning kehitaman.  Giling halus hingga menjadi bubuk. Masukkan semua bubuk ke dalam cangkir, seduh dengan air panas.  Setelah dingin minum bagian air yang bening dan buang ampasnya.  Lakukan sebelum makan sebanyak satu hingga tiga kali sehari, tergantung pada seberapa tinggi kadar gula saat melakukan terapi.  Anda dapat mengkonsumsi setiap hari bila diperlukan.