Khasiat Buah Pepaya

Khasiat Buah PepayaBuah pepaya sangat dikenal masyarakat dengan buah berwarna jingga yang memiliki rasa manis dan lembut.  Rasa manis yang khas dan segar menjadikan buah pepaya ini menjadi buah pilihan kuliner bagi banyak orang.  Sangat mudah didapat karena tumbuh sepanjang tahun terutama di daerah tropis sesuai lingkungan aslinya di negara Meksiko bagian selatan.
Selain memiliki rasa yang lezat, buah pepaya termasuk buah yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Buah pepaya kaya akan vitamin, enzim dan mineral.  Buah pepaya mengandung enzim papain yang memiliki khasiat dapat mempercepat proses pencernaan protein.  Daya cerna pada enzim papain juga dapat mencerna 35 kali lipat sehingga dapat membuat makanan yang mengandung protein dapat diambil manfaatnya dengan baik.
Vitamin dan nutrisi lain pada buah pepaya adalah antioksidan seperti betakaroten (vitamin A), vitamin C (kadar vitamin C pada pepaya 48 kali lipat dari apel), vitamin B kompleks, asam folat, pantotenat, dan flavonoid. Buah pepaya juga mengandung banyak kalium, mineral, serat dan magnesium. Nutrisi ini membuat buah pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan.
1. Membantu sistem pencernaan
Di Cina, buah pepaya dikenal dengan obat alami mengatasi gangguan pencernaan.  Kandungan protein dan papain yang terdapat pada buah pepaya merupakan zat yang dapat membantu proses pencernaan dan dapat mencegah sembelit dengan alami.  Para peneliti mengatakan bahwa serat yang terdapat pada buah pepaya membantu mengikat racun yang menyebabkan kanker usus besar dan mencegah racun – racun yang mengotori sel yang masih sehat pada usus besar.
2. Bermanfaat untuk diet
Para peneliti menemukan bahwa kandungan enzim pada buah papaya dapat memiliki efek untuk mengurangi protein, karbohidrat dan lemak. Mengkonsumsi buah pepaya dapat memperbaiki sistem metabolisme sehingga pembakaran pada lemak akan menjadi tenaga yang optimal. Karena makan buah pepaya dengan kandungan tersebut sangat baik bagi kita yang sedang melakukan diet.  Selain itu buah pepaya juga buah yang rendah kalori.
3. Mencegah kanker
Pada penelitian menunjukkan bahwa manfaat vitamin C dan karoten banyak terdapat dalam pepaya dapat mencegah kanker.  Munculnya anjuran diet makanan yang mengandung vitamin C dan karotenoid untuk mencegah kanker paru – paru.  Dengan cara ini dapat memungkinkan melawan kanker kolon, kandung kemih, payudara dan pankreas dan dapat mengurangi radikal bebas yang dapat menjadikan penyakit kanker.
4. Meningkatkan kesuburan pria
Buah pepaya terbukti dapat membantu proses kesuburan pria. Mengkonsumsi vitamin C pada pepaya sebanyak 500 mg per hari dapat meningkatkan jumlah sperma menjadikan lebih subur, dapat meningkatkan pergerakan sperma yang lama kelamaan akan mempercepat terjadinya kehamilan.
5. Mencegah penyakit jantung
Buah pepaya efektif mencegah atherosclerotic dan penyakit jantung. Kandungan pro vitamin, carotenoid pyhtonutrients yang terkandung oleh buah pepaya dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol sehingga dapat mencegah terjadinya penumpukan pada plak berbahaya di dinding arteri yang dapat menyebabkan timbulnya serangan jantung.  Serat pepaya juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat)
6. Baik bagi penderita diabetes
Penderita diabetes mellitus dapat memilih untuk mengkonsumsi buah pepaya karena buah pepaya memiliki jumlah gula yang lebih rendah daripada dengan buah yang lain.  Meski buah pepaya berasa manis, tingkat glukosa pada buah pepaya relatif rendah.  Bagi penderita diabetes mellitus dapat mengkonsumsi tiga porsi buah pepaya setiap hari dan tidak akan bermasalah dengan penyakit tersebut.
7. Mengencangkan Payudara
Buah pepaya telah dipercaya sejak jaman dahulu sebagai buah yang dapat mengencangkan payudara.  Pada penelitian menunjukkan bahwa pada buah pepaya dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga menjadi lebih kencang dan kenyal.  Buah pepaya juga diperkaya dengan hormone pengencang dan vitamin A yang dapat merangsang pengeluaran hormone perempuan dan merangsang indung telur untuk mengeluarkan hormone betina, dari hormone tersebut menjadikan kelenjar susu akan lancar dan bentuk payudara menjadi semakin ideal.
8. Agar awet muda
Kandungan enzim papain pada pepaya aktif sebagai detoksifikasi sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam.  Buah pepaya juga dapat mendorong proses metabolisme pada kulit.  Buah pepaya dapat dengan baik melumerkan lapisan pada kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul akibat dari pori – pori sehingga kulit menjadi lebih kencang dan cerah.  Sebaiknya mulai sekarang rajin memakai masker dari buah pepaya atau facial dari buah pepaya.