Kesehatan Kulit

Kesehatan KulitKulit adalah perlindungan pertama pada tubuh dari berbagai macam benda asing.  Kulit memberikan perlindungan dari paparan cuaca luar yang terkadang sangat ekstrim. Ketika tubuh mengalami penuaan, kulit menjadi bagian tubuh yang pertama kali terkena dampak dan paling terlihat dari efek penuaan tersebut.  Dengan berjalannya waktu dan bertambahnya umur, kulit mengalami kerutan dan terlihat kusam.  Untuk menjaga kulit tetap maksimal menjalankan tugasnya melindungi tubuh, alangkah baiknya untuk melakukan perawatan kulit.  Kegiatan merawat kulit bisa dilakukan dengan sangat mudah dan dianjurkan menjadi kebiasaan setiap orang. Beberapa tips menjaga kulit tetap sehat :

Menghindari paparan sinar matahari secara langsung

Sinar matahari yang membawa radiasi sinar ultra violet yang berdampak buruk untuk kesehatan kulit.  Sinar matahari memberikan efek penuaan pada kulit dan dapat merubah warna kulit.  Cari tempat berteduh untuk menghidari sinar matahari secara langsung di siang hari atau dapat melengkapi diri dengan penutup kepala atau pakaian yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Gunakan Tabir Surya

Meskipun pakaian udah cukup untuk melindungi dari sinar matahari tetapi pancaran sinar matahari dapat dipantulkan dari berbagai media disekeliling kita.  Menggunakan tabir surya adalah cara yang paling baik untuk memberikan perlindungan maksimal bagi kulit sehat anda.

Jaga Kecukupan Cairan Tubuh

Menjaga kelembaban kulit adalah salah satu faktor terpenting dalam merawat kesehatan pada kulit.  Sebaiknya mengkonsumsi delapan gelas setiap hari untuk menjaga kecukupan cairan dalam tubuh. Selain kulit, cairan yang cukup akan menjaga keseimbangan antara metabolisme tubuh dan kesehatan organ lainnya.

Jaga Kebersihan Tubuh

Kulit adalah organ tubuh pertama terpapar lingkungan luar, seperti terkena debu, polusi, dan kotoran lainnya.  Sangatlah penting untuk selalu membersihkan kulit dengan mandi secara teratur agar mengangkat kotoran dan sel kulit mati secara keseluruhan dan kulit terlihat segar dan sehat.  Bila kulit anda termasuk kulit dengan kondisi tertentu, seperti kulit kering, gunakan selalu pelembab secara teratur untuk menjaga kulit dari dehidrasi berlebih.

Stop Rokok

Dampak buruk dari rokok bukan hanya sebagai pemicu penyakit kanker paru-paru tetapi dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan terlihat lebih tua dari usia anda.  Sebaiknya berhenti merokok dan memperhatikan dampak bagi kesehatan kulit anda.

Makanan Sehat

Mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung vitamin E yang memberikan nutrisi pada kulit, selain itu, mengkonsumsi asupan anti-oksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas yang dapat mempercepat proses penuaan pada kulit.