Kesalahan Saat Perawatan Kulit Wajah

Kesalahan Saat Perawatan Kulit WajahPerawatan pada kulit harus dilakukan agar kulit senantiasa bersinar dan tidak kusam.  Tetapi ada rutinitas kecantikan dengan niat untuk kecantikan kulit malah salah diterapkan.
Untuk itu mari kaum wanita untuk berhenti dari kebiasaan yang buruk untuk kulit.
1. Terlalu banyak moisturizer
Bila moisturizer telah cocok dengan jenis kulit anda, anda akan terasa nyaman di kulit dan tidak membuat kulit menjadi berminyak.  Tetapi bila anda salah memilih moisturizer yang salah dengan jenis kulit anda, maka kulit anda bisa menjadi kering atau terlalu berminyak.  Selain itu, menggunakan moisturizer sehari – hari harus mengandung SPF.
Krim malam hanya boleh digunakan saat malam hari, karena krim malam cenderung lebih kaya dan tidak mengadung perlindungan matahari. Sebaiknya tidak menerapkan moisturizer di daerah sekitar mata karena kulit sekitar mata lebih tipis dan bisa dengan mudah kelebihan beban dan dapat menyebabkan penyumbatan sehingga muncul bintik – bintik kecil putih.
2. Berlebihan Exfoliating (pengelupas kulit)
Pengelupasan pada kulit yang berlebihan dapat menyebabkan kulit berwarna merah dan iritasi.  Pengelupasan pada kulit yang secara terus menerus dapat membuat kulit berminyak.  Kulit normal hingga berminyak membutuhkan exfoliating dua kali dalam seminggu.
3. Krim antipenuaan sebelum kulit siap
Sebaiknya tidak menggunakan krim anti penuaan sebelum kulit anda menunjukkan tanda – tanda dari penuaan.  Bila anda menggunkan bahan anti penuaan sebelum kulit membutuhkannya, dapat memunculkan efek yang merugikan.
Semisal pada retinols, tetapi bila digunakan sebelum dibutuhkan atau terlalu tinggi konsentrasinya kulit menjadi terkelupas.  Begitu juga dengan peeling, bila digunakan terlalu cepat pada kulit, terlalu kuat, terlalu sering maka kulit dapat menjadi sangat rapuh dan tipis.
4. Salah masker
Sama halnya dengan pelembab, memilih masker wajah juga harus sesuai dengan kulit anda, misalnya pada masker berbahan tanah liat atau untuk kulit berminyak, kulit berjerawat seperti asam salisilat dapat menyebabkan kulit normal hingga kering mengelupas.
Bila kulit membutuhkan kelembaban, pilihlah untuk kulit kering dengan nutrisi seperti bahan asam hialuronat atau vitamin E.
5. Melupakan SPF
Meskipun cerah dan hujan anda harus memakai SPF di siang hari karena sinar matahari adalah penyebab utama kulit menjadi keriput.  Pilihlah tabir surya dengan pelembab dan gunakan di pagi hari.  Sebaiknya pakai pelembab atau moisturizing harian yang mengandung SPF.
6. Tisu wajah
Beberapa pada tisu wajah mengandung bahan kimia dan alkohol dengan kadar yang tinggi.  Bahan ini dapat mengeringkan kulit luar.  Ketika anda menggosok kuat pada kulit terutama pada daerah mata, ini dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan dan bahkan menyengat.  Menggunakan dengan bahan beralkohol pada kulit tidak hanya membuat kulit menjadi kering tetapi bisa juga menjadi berminyak.
7. Tidur dengan makeup
Tidur masih menggunakan makeup adalah cara tidur yang salah dan kotor. Pada kulit wajah yang berminyak dan riasan dapat menyebabkan jerawat dan pori – pori menjadi besar.
8. Produk makeup tak sesuai jenis kulit
Cara paling cepat untuk mengetahui jenis kulit anda adalah dengan cara mencuci wajah, keringkan dan biarkan selama 20 menit kemudian lakukan tes.
• Tekan sepotong jaringan di tempat berbeda di wajah Anda
• Jika ini menempel, Anda memiliki kulit berminyak
• Jika jaringan tak menempel, Anda memiliki kulit kering
• Jika menempel di daerah jidat, hidung, dan dagu, maka kulit anda termasuk pada kulit kombinasi.
9. Melupakan Eye Cream
Eye cream adalah bagian terpenting dari rutinitas kulit anda.  Kulit di bagian mata lebih tipis dan halus, berarti usianya lebih cepat daripada wajah anda.  Mulai menggunakan krim mata dua kali dalam sehari di usia 20 tahun dan seterusnya.